//

PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN KELUARGA DALAM MERAWAT PENDERITA SKIZOFRENIA DENGAN PERILAKU KEKERASAN DI UPIP RSUD DR. FAUZIAH KABUPATEN BIREUEN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RITA ZAHARA - Personal Name
SubjectHEALTH EDUCATION
NURSING HOMES - MENTAL ILLNESS
SCHIZOPHRENIA
Bahasa Indonesia
Fakultas Prog. Studi Megister Keperawatan
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN KELUARGA DALAM MERAWAT PENDERITA SKIZOFRENIA DENGAN PERILAKU KEKERASAN DI UPIP RSUD dr. FAUZIAH KABUPATEN BIREUEN Oleh: Rita Zahara NIM: 13092001180007 Komisi Pembimbing: Dr. Hizir Dr. Hermansyah, SKM., MPH ABSTRAK Skizofrenia merupakan suatu sindrom klinis atau proses penyakit yang mempengaruhi persepsi, emosi, perilaku dan fungsi sosial. Permasalahan utama yang sering terjadi pada pasien skizofrenia adalah perilaku kekerasan. Pendidikan kesehatan bagi keluarga pasien skizofrenia dibutuhkan untuk mengurangi dampak fisik maupun psikologis dari perilaku kekerasan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan terhadap peningkatan pengetahuan keluarga dalam merawat penderita skizofrenia dengan perilaku kekerasan di UPIP RSUD dr. Fauziah Kabupaten Bireuen Tahun 2015. Penelitian ini merupakan studi kuantitatif dengan desain Quasi-Experimental berupa Pretest-Posttest Design. Pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling degan metode purposive sampling, jumlah sampel 42 orang, sehingga masing-masing grup terdiri dari 21 keluarga yang merawat pasien skizofrenia (caregiver). Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh pendidikan kesehatan terhadap peningkatan pengetahuan keluarga (p = 0.000) dengan mean rank kelompok intervensi 29.57 lebih besar dibandingkan mean rank kelompok kontrol 13.43 setelah dilakukan pendidikan kesehatan menggunakan metode ceramah dan diskusi dengan media lembar balik dan leaflet di UPIP RSUD dr. Fauziah Kabupaten Bireuen. Disarankan kepada peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian dengan mengembangkan panduan perawatan pasien skizofrenia dengan perilaku kekerasan. Kata kunci: Pendidikan Kesehatan, Pengetahuan, Skizofrenia, Perilaku kekerasan.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN LAMANYA PERAWATAN PASIEN SKIZOFRENIA DENGAN TINGKAT STRES KELUARGA (Raihan, 2015)

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP KEJADIAN RELAPS PASIEN SKIZOFRENIA DI BLUD RUMAH SAKIT JIWA ACEH (Merysia Karmila, 2015)

HUBUNGAN DERAJAT TILIKAN DENGAN KEPATUHAN MINUM OBAT PADA PENDERITA SKIZOFRENIA DI POLIKLINIK RAWAT JALAN RUMAH SAKIT JIWA ACEH 2017 (Abdul Hadi, 2017)

HUBUNGAN KEPATUHAN MINUM OBAT DENGAN REHOSPITALISASI PASIEN SKIZOFRENIA DI RUMAH SAKIT JIWA ACEH (ARIKA ANGGRAINI, 2017)

STIGMA KELUARGA TERHADAP PENDERITA SKIZOFRENIA DITINJAU DARI ASPEK SOSIAL BUDAYA DENGAN PENDEKATAN MODEL KONSEPTUAL MADELEINE LEININGER DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SIMPANG TIGA KABUPATEN PIDIE (Risna, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy