PEMANFAATAN MEDIA VIDEO SISTEM GERAK DENGAN PENDEKATAN SOMATIK AUDITORI VISUAL DAN INTELEKTUAL (SAVI) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMA NEGERI 1 SAKTI | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

PEMANFAATAN MEDIA VIDEO SISTEM GERAK DENGAN PENDEKATAN SOMATIK AUDITORI VISUAL DAN INTELEKTUAL (SAVI) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMA NEGERI 1 SAKTI


Pengarang

RIZKINA MANIK - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1209200150051

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Prog. Studi Megister Pendidikan Biologi., 2015

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaaatan media video sistem gerak dengan pendekatan SAVI terhadap pemahaman konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa.Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimental design: pretest–posttest control group design. Pada kelas eksperimen menggunakan media video dengan pendekatan SAVI dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional.Teknik pengumpulan data menggunakan tes uraian, lembar observasi,dan dokumentasi.Uji hipotesis menggunakan uji t (t test). Hasil uji hipotesis pemanfaatan media video sistem gerak dengan pendekatan SAVI adalah (1) untuk pemahaman konsep t hitung (2,03) > t tabel (2,01) dengan taraf ? 0,05, sehingga nilai rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol signifikan. (2) untuk keterampilan berpikir kritis siswa uji t hitung (2,12) > t tabel (2,01) dengan taraf ? 0,05, sehingga nilai rata-rata kedua kelas tersebut signifikan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) pemanfaatan media video dengan pendekatan SAVI berpengaruh dalam meningkatkan pemahaman konsep Siswa, 2) pemanfaatan media video dengan pendekatan SAVI berpengaruh dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, 3) pemanfaatan media video dengan pendekatan SAVI pada materi sistem gerak mendapat respon yang positif dari siswa, hal tersebut terlihat dari persentase jawaban siswa yang merespon positif. Hal tersebut terlihat pada perolehan rata-rata pretest, posttest, N-gain pada kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Kata kunci: Media video, pendekatan SAVI,pemahaman konsep, keterampilan berpikir kritis.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK