//

HUBUNGAN OBESITAS DENGAN KAPASITAS VITAL PARU MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER UNIVERSITAS SYIAH KUALA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang yunianna sari hasibuan - Personal Name

Abstrak/Catatan

Latar Belakang: Obesitas dinyatakan sebagai satu dari sepuluh masalah kesehatan utama di dunia dan menduduki peringkat kelima teratas penyebab kematian, obesitas berhubungan dengan berbagai gangguan pernapasan antara lain tahanan aliran udara, pola pernapasan, pertukaran gas, mekanika pernapasan dan akhirnya akan mengakibatkan penurunan fungsi paru. Dengan menurunnya kapasitas vital paru maka sangat merugikan pada status kebugaran dan kemampuan kerja seseorang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan obesitas dengan kapasitas vital paru Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Syiah Kuala. Metode: Jenis penelitian ini adalah observational analytic dengan pendekatan cross sectional dilakukan pada bulan Juni-September 2015. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, berjumlah 62 orang. Data dikumpulkan melalui pengukuran indeks massa tubuh dan kapasitas vital paru kemudian dianalisis dengan uji Chi-Square. Hasil: Terdapat 31 orang obesitas dan berat badan ideal 31 orang, kapasitas vital paru normal sebanyak 5 orang yaitu 4 orang obesitas dan 1 orang berat badan ideal, sedangkan retriksi sebanyak 57 orang yaitu 27 orang obesitas dan 30 orang berat badan ideal. Simpulan: Tidak terdapat hubungan antara obesitas dengan kapasitas vital paru dengan nilai signifikansi 0,162 (p > 0,05) pada uji Chi-Square. Kata Kunci: Obesitas, kapasitas vital paru

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN BERAT BADAN LEBIH (OVERWEIGHT) DENGAN KAPASITAS VITAL PARU PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Ferlijan Abdima, 2018)

HUBUNGAN OBESITAS DENGAN KADAR GULA DARAHPUASA PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER UNIVERSITAS SYIAH KUALA (dean reza, 2013)

EVALUASI KAPASITAS VITAL PARU PADA PETANI KAMPUNG PISANG KECAMATAN SAKTI KABUPATEN PIDIE (JULIANDI, 2018)

HUBUNGAN MEROKOK DENGAN KUALITAS HIDUP PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Fitriana Anwar, 2016)

MOTIVASI BERPRESTASI DAN PENGARUH TERHADAP IPK MAHASISWA BIDIKMISI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS SYIAH KUALA (SRI RASYIIDU TEBE, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy