//

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP LEMBAGA PERADILAN UMUM ( STUDI KASUS PADA PENGADILAN NEGERI DI KOTA BANDA ACEH )

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MAGHFIRAH - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kata Kunci: Persepsi Masyarakat, Lembaga Peradilan Umum Penelitian ini membahas tentang: peresepsi masyarakat terhadap lembaga peradilan umum. Latar belakang penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui persepsi masayarakat terhadap lembaga peradilan umum pada Pengadilan Negeri di Kota Banda Aceh. Yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini ialah: bagaimana persepsi masyarakat terhadap proses persidangan di lembaga peradilan umum dan bagaimana persepsi masyarakat terhadap konsep peradilan cepat, sederhana dan biaya ringan. Tujuan penelitian ini ialah: untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap proses persidangan di lembaga peradilan umum dan untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap konsep peradilan cepat, sederhana dan biaya ringan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara. Penentuan subjek dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah 10 orang masyarakat yang hadir dalam persidangan yang berada di Pengadilan Negeri di Kota Banda Aceh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi masyarakat terhadap proses persidangan di lembaga peradilan umum sudah baik dimana pada setiap prosesnya aparat penegak hukum sudah menjalankan sesuai dengan Hukum Acara. Masyarakat disamping juga dapat menyaksikan sendiri proses persidangan dapat juga memperoleh informasi tentang persidangan melalui website yang telah ada. Persepsi masyarakat terhadap konsep peradilan cepat, sederhana dan biaya ringan adalah masyarakat sangat mendukung adanya konsep tersebut jika diterapkan sesuai dengan tujuannya sehingga masyarakat bisa merasakan sebuah peradilan cepat, sederhana dan biaya ringan walaupun belum sepenuhnya dirasakan akan tetapi dari pihak aparat penegak hukum sudah berupaya melakukan sebaik-baiknya. Saran dalam penelitian ini adalah disarankan kepada aparat penegak hukum agar lebih sering memberikan penyuluhan hukum kepada masyarakat agar masyarakat dapat lebih mengerti dan memahami lebih banyak mengenai hukum, kepada masyarakat agar ikut berpartisipasi aktif untuk melakukan pemantauan terhadap kinerja aparat penegak hukum.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STUDI KASUS PUTUSAN PENGADILAN NEGERI MAKASAR NOMOR: 90/PID.SUS. ANAK/2018/PN MKS. TENTANG TINDAK PIDANA PENGANIAYAAN YANG DILAKUKAN OLEH ANAK TERHADAP ANAK (FADHILAH FAIDIR, 2020)

KEWENANGAN PENGADILAN MILITER I–01 BANDA ACEH DALAM MENGADILI TINDAK PIDANA UMUM YANG DILAKUKAN OKNUM ANGGOTA TNI DI ACEH (Erna Kurniawati, 2018)

PERSEPSI MASYARAKAT KOTA BANDA ACEH TERHADAP LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH (Fitria, 2020)

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP LEMBAGA OMBUDSMAN DALAM PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KOTA BANDA ACEH (Muhammad Khulis, 2018)

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KEBIJAKAN PEMERINTAH KOTA BANDA ACEH TENTANG PEMBERLAKUAN JAM MALAM BAGI PEREMPUAN ( STUDI KASUS DI KECAMATAN BAITURRAHMAN KOTA BANDA ACEH) (Jamalul Hakim, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy