//

PERBANDINGAN PERKEMBANGAN BAYI YANG MENDAPAT ASI EKSKLUSIF DAN NON EKSKLUSIF USIA 6-12 BULAN DI PUSKESMAS KOPELMA DARUSSALAM BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RAHMI - Personal Name
SubjectBREAST FEEDING - HEALTH
BABY DEVELOPMENT
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Bayi berusia 6-12 bulan sering disebut sebagai periode emas yang sangat membutuhkan asupan gizi untuk perkembangan yang optimal. Zat gizi seperti protein, vitamin dan mineral dapat diperoleh bayi melalui Air Susu Ibu (ASI) eksklusif. Di indonesia cakupan ASI eksklusif sebesar 21,2%, di Aceh cakupan ASI ekslusif 52,2%. Dengan memberikan ASI ekslusif sampai bayi berusia 6 bulan akan menjamin tercapainya pengembangan potensi kecerdasan anak secara optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan antara perkembangan bayi usia 6-12 bulan yang diberi ASI eksklusif dengan bayi yang diberi ASI non eksklusif. Penelitian analitik dengan studi cross sectional yang dilakukan pada 40 responden dengan metode consecutive sampling. Penelitian ini dilakukan pada bulan Desember 2012 sampai Januari 2013 di 5 posyandu Puskesmas Kopelma Darussalam Banda Aceh. Pemberian ASI ekslusif diukur dengan menggunakan kuesioner. Perkembangan bayi diukur dengan kuesioner pra skrining perkembangan (KPSP). Hasil penelitian 80,0% bayi mendapatkan ASI eksklusif dan 85,0% perkembangan bayi sesuai. Pendidikan ibu menengah sebesar 52,5%, ibu yang tidak bekerja sebanyak 92,5%. Dari hasil analisa menggunakan uji Mann Whitney test didapat p-value 0,000 (α ≤ 0,05) dengan RP = 20 (CI 2,7 – 148).Terdapat perbedaan perkembangan antara bayi yang mendapat ASI eksklusif dengan bayi yang diberi ASI non eksklusif. Bayi yang mendapat ASI eksklusif perkembangannya lebih baik dari pada bayi yang diberi ASI non eksklusif. Kata kunci: ASI eksklusif,ASI non eksklusif, Perkembangan bayi.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN KEGEMUKAN DENGAN KONSUMSI ASI RNEKSKLUSIF DAN ASI NON EKSKLUSIF PADA RNBAYI USIA 0-6 BULAN DI PUSKESMAS RNKOPELMA DARUSSALAM KOTA RNBANDA ACEH (SARTIKA DEWI, 2014)

HUBUNGAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DENGAN PERKEMBANGAN MOTORIK MENGGUNAKAN DENVER DEVELOPMENT SCREENING TEST (DDST) PADA BAYI USIA 6-12 BULAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KOPELMA DARUSSALAM BANDA ACEH (Siti Hariaty Putri, 2018)

PERBANDINGAN STATUS GIZI BAYI USIA 6-12 BULAN YANG MENDAPAT ASI EKSKLUSIF DAN ASI NON EKSKLUSIF DI PUSKESMAS DARUSSALAM ACEH BESAR (Bemi Oksi Putri, 2014)

PERBANDINGAN KEJADIAN ISPA PADA ANAK YANG PERNAH MENDAPAT ASI EKSKLUSIF DAN YANG TIDAK MENDAPAT ASI EKSKLUSIF DI PUSKESMAS KOPELMA DARUSSLAM BANDA ACEH (Roziyanti, 2014)

HUBUNGAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DENGAN KEJADIAN ANEMIA PADA BAYI USIA 0-6 BULAN DI PUSKESMAS KOPELMA DARUSSALAM KOTA BANDA ACEH (RISKI SYAHNA, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy