//

EVALUASI KELAYAKAN POLA PARKIR PADA BADAN JALAN TERHADAP KINERJA JALAN MOHAMMAD JAM KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Tarmizi - Personal Name
SubjectTRANSPORTATION ENGINEERING
ROADS - ENGINEERING
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Teknik
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

Jalan Mohammad Jam Kota Banda Aceh adalah jalan kolektor sekunder dengan tipe dua lajur satu arah tak terbagi yang memiliki lebar efektif ±15 m dan kecepatan rencana 20 km/jam. Di sepanjang ruas jalan ini sering terjadi kemacetan yang umumnya diakibatkan oleh kegiatan parkir pada badan jalan (on-street parking). Kemacetan ini mengakibatkan menurunnya tingkat pelayanan jalan seperti waktu tempuh yang menjadi lebih lama dan akhirnya menimbulkan external cost yang harus ditanggung oleh pengguna jalan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kelayakan pola parkir eksisting (45o) pada ruas Jalan Mohammad Jam Banda Aceh berdasarkan nilai derajat kejenuhan, durasi parkir dan kecepatan. Panjang jalan yang diteliti adalah 200 m. Data yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah geometrik jalan, data volume lalu lintas, hambatan samping, waktu masuk dan keluar parkir. Nilai kapasitas jalan dan derajat kejenuhan dihitung dengan menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997 dan pola parkir yang sesuai ditentukan berdasarkan Pedoman Teknis Penyelenggaraan Fasilitas Parkir tahun 1998. Pengambilan data di lapangan dilakukan selama 2 (dua) hari yaitu pada hari kerja (Rabu) serta pada hari libur (Sabtu) selama 6 jam setiap harinya yaitu pagi hari (07.00 – 09.00 WIB), siang hari (12.00 – 14.00 WIB) dan sore hari (16.00 – 18.00 WIB). Hasil survei dan pengolahan data diperoleh nilai DS pada kondisi eksisting untuk hari Rabu sebesar 0,49 dan hari Sabtu sebesar 0,59. Durasi parkir 0-15 menit untuk kendaraan ringan (LV) diperoleh sebanyak 47,69%, sepeda motor (MC) 61,13% dan kendaraan berat (HV) 79,17%. Kecepatan rata-rata kendaraan pada jam puncak hari Rabu adalah 11,97 km/jam dan hari Sabtu 11,28 km/jam yang berada di bawah kecepatan rencana (

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EVALUASI PENGARUH POLA PARKIR TERHADAP KINERJA JALAN DAN KELAYAKAN PARKIR PADA BADAN JALAN HASAN SALEH KOTA BANDA ACEH (Rauzatul Ulfa, 2015)

EVALUASI KELAYAKAN POLA PARKIR PADA BADAN JALAN TERHADAP KINERJA JALAN TEUKU PANGLIMA POLEM KOTA BANDA ACEH (Danil Cipta, 2015)

EVALUASI KELAYAKAN POLA PARKIR PADA BADAN JALAN TERHADAP KINERJA JALAN MOHAMMAD JAM KOTA BANDA ACEH (Tarmizi, 2015)

EVALUASI KELAYAKAN POLA PARKIR TERHADAP KINERJA JALAN PANGLIMA NYAK MAKAM KOTA BANDA ACEH (Maisa Ariani, 2015)

TINJAUAN KAPASITAS PARKIR TERHADAP VOLUME PARKIR PADA JALAN MOHAMMAD JAM KOTA BANDA ACEH. (MACKSALMINA, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy