EVALUASI KELAYAKAN POLA PARKIR PADA BADAN JALAN TERHADAP KINERJA JALAN MOHAMMAD JAM KOTA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

EVALUASI KELAYAKAN POLA PARKIR PADA BADAN JALAN TERHADAP KINERJA JALAN MOHAMMAD JAM KOTA BANDA ACEH


Pengarang

Tarmizi - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1104101010048

Fakultas & Prodi

Fakultas Teknik / Teknik Sipil (S1) / PDDIKTI : 22201

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Teknik., 2015

Bahasa

Indonesia

No Classification

625.7

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Jalan Mohammad Jam Kota Banda Aceh adalah jalan kolektor sekunder dengan tipe dua lajur satu arah tak terbagi yang memiliki lebar efektif ±15 m dan kecepatan rencana 20 km/jam. Di sepanjang ruas jalan ini sering terjadi kemacetan yang umumnya diakibatkan oleh kegiatan parkir pada badan jalan (on-street parking). Kemacetan ini mengakibatkan menurunnya tingkat pelayanan jalan seperti waktu tempuh yang menjadi lebih lama dan akhirnya menimbulkan external cost yang harus ditanggung oleh pengguna jalan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kelayakan pola parkir eksisting (45o) pada ruas Jalan Mohammad Jam Banda Aceh berdasarkan nilai derajat kejenuhan, durasi parkir dan kecepatan. Panjang jalan yang diteliti adalah 200 m. Data yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah geometrik jalan, data volume lalu lintas, hambatan samping, waktu masuk dan keluar parkir. Nilai kapasitas jalan dan derajat kejenuhan dihitung dengan menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997 dan pola parkir yang sesuai ditentukan berdasarkan Pedoman Teknis Penyelenggaraan Fasilitas Parkir tahun 1998. Pengambilan data di lapangan dilakukan selama 2 (dua) hari yaitu pada hari kerja (Rabu) serta pada hari libur (Sabtu) selama 6 jam setiap harinya yaitu pagi hari (07.00 – 09.00 WIB), siang hari (12.00 – 14.00 WIB) dan sore hari (16.00 – 18.00 WIB). Hasil survei dan pengolahan data diperoleh nilai DS pada kondisi eksisting untuk hari Rabu sebesar 0,49 dan hari Sabtu sebesar 0,59. Durasi parkir 0-15 menit untuk kendaraan ringan (LV) diperoleh sebanyak 47,69%, sepeda motor (MC) 61,13% dan kendaraan berat (HV) 79,17%. Kecepatan rata-rata kendaraan pada jam puncak hari Rabu adalah 11,97 km/jam dan hari Sabtu 11,28 km/jam yang berada di bawah kecepatan rencana (

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK