//

EVALUASI KELAYAKAN POLA PARKIR PADA BADAN JALAN TERHADAP KINERJA JALAN TEUKU PANGLIMA POLEM KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Danil Cipta - Personal Name
SubjectTRANSPORTATION ENGINEERING
ROADS - ENGINEERING
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Teknik
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

Jalan Teuku Panglima Polem adalah salah satu jalan yang terletak di pusat Kota Banda Aceh. Jalan ini terletak pada daerah komersil dengan aktifitas perdagangan (pertokoan, restoran), bank, tempat bermain dan hotel. Kurangnya lahan parkir membuat jalan ini menerapkan sistem parkir pada badan jalan (on street parking). Sudut parkir yang diterapkan pada jalan ini adalah sudut 45° untuk roda empat dan sudut 90° untuk roda dua pada kedua sisi dengan bentuk marka yang tidak sesuai standar Satuan Ruang Parkir (SRP) Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Tahun 1998. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kelayakan pola parkir pada badan jalan berdasarkan kinerja jalan dan mengetahui kelayakan parkir pada badan jalan berdasarkan durasi parkir. Penelitian ini dilakukan sepanjang 200 m dimulai dari STA 0+000 – 0+200. Pengambilan data dilakukan selama 2 hari yaitu hari Kamis dan Minggu pada waktu puncak yaitu, pagi pukul 07.00 – 09.00 WIB, siang pukul 12.00 – 14.00 WIB dan sore pukul 16.00 – 18.00 WIB. Kinerja jalan dihitung menggunakan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997 dengan parameter derajat kejenuhan (DS). Hasil pengolahan data diperoleh nilai DS tertinggi kondisi eksisting yang didapat adalah pada hari Kamis pukul 13.00 – 14.00 WIB sebesar 0,30 untuk arah Utara dan sebesar 0,37 pada arah Selatan. Setelah perubahan marka parkir nilai DS tertinggi didapat adalah pada hari Kamis sebesar 0,34 untuk arah Utara dan sebesar 0,41 untuk arah Selatan. Hal ini menunjukkan kinerja jalan masih baik sehingga jalan tersebut masih layak menggunakan fasilitas parkir di badan jalan karena tidak mengganggu kinerja jalan. Durasi parkir diperoleh mayoritas kendaraan yang parkir

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EVALUASI PENGARUH POLA PARKIR TERHADAP KINERJA JALAN DAN KELAYAKAN PARKIR PADA BADAN JALAN SIMPANG TUJUH ULEE KARENG (Vina Rita, 2017)

EVALUASI KELAYAKAN POLA PARKIR TERHADAP KINERJA JALAN PANGLIMA NYAK MAKAM KOTA BANDA ACEH (Maisa Ariani, 2015)

EVALUASI PENGARUH POLA PARKIR TERHADAP KINERJA JALAN DAN KELAYAKAN PARKIR PADA BADAN JALAN HASAN SALEH KOTA BANDA ACEH (Rauzatul Ulfa, 2015)

ANALISIS E-PARKING DAN DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA JALAN T. PANGLIMA NYAK MAKAM (STUDI KASUS STA 0+ 450 – STA 0 + 570 ARAH MENUJU KANTOR GUBERNUR) (RIJALUL IKHSAN, 2021)

EVALUASI KARAKTERISTIK KEBUTUHAN LAHAN PARKIR DI SUZUYA MALL KOTA BANDA ACEH. (JUMADIN, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy