//

HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN STATUS FUNGSIONAL LANSIA DI RUMOH SEUJAHTERA GEUNASEH SAYANG ULEE KARENG KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fahlevie - Personal Name

Abstrak/Catatan

Latar Belakang: Jumlah lansia yang semakin meningkat diikuti oleh berbagai masalah kesehatan yang akan berkontribusi pada timbulnya keterbatasan fungsional. Lansia merupakan salah satu kelompok rentan gizi karena perubahan psikis dan fisik tubuh lansia berlangsung selama proses penuaan yang dapat menyebabkan perubahan dalam kebutuhan gizi. Masalah gizi yang dialami lansia adalah kekurangan (underweight) dan kelebihan gizi (overweight). Status gizi lansia dapat mempengaruhi kemampuan lansia dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan status gizi lansia dengan status fungsional di Rumoh Seujahtera Geunaseh Sayang Ulee kareng Kota Banda Aceh. Metode: Studi analitik dengan desain cross sectional dilakukan pada 5 November sampai 27 Desember 2012. Sampel berjumlah 39 responden, pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Status gizi diperoleh melalui pengukuran berat badan dan panjang lutut dan dinilai menggunakan Indeks Massa Tubuh (IMT). Status fungsional diperoleh melalui observasi dan wawancara menggunakan kuesioner Indeks Activities of Daily Living (ADL). Hasil: Berdasarkan hasil analisis chi-square didapatkan hubungan antara status gizi lansia dengan status fungsional (p value 0,001 (α < 0,05); 95% CI; RP; 4,46 (1,7-11,6)). Lansia dengan status gizi malnutrisi berpeluang 4,46 kali lebih tinggi mengalami keterbatasan fungsional daripada lansia normoweight. Kesimpulan: Terdapat hubungan antara status gizi dengan status fungsional lansia. Kata Kunci: lansia, status gizi, status fungsional, ADL

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN STATUS FUNGSIONAL LANSIA YANG TINGGAL BERSAMA KELUARGA DENGAN YANG TINGGAL DI UPTD RUMOH SEUJAHTERA GEUNASEH SAYANG ULEE KARENG BANDA ACEH (MUHAMMAD RIZAL, 2016)

HUBUNGAN DEPRESI DENGAN STATUS GIZI LANSIA DI RUMOH SEUJAHTERA GEUNASEH SAYANG ULEE KARENG KOTA BANDA ACEH (FINA FARADINA, 2016)

ADAPTASI SOSIAL LANSIA DI PANTI JOMPO UPTD RUMOH SEUJAHTERA GEUNASEH SAYANG GAMPONG LAMGLUMPANG KECAMATAN ULEE KARENG KOTA BANDA ACEH (NANDA MUSTIKE, 2018)

HUBUNGAN STATUS SOSIODEMOGRAFI DENGAN TINGKAT DEPRESI PADA LANJUT USIA DI UPTD RUMOH SEUJAHTERA GEUNASEH SAYANG ULEE KARENG BANDA ACEH (Cut Lamia Isnaini, 2015)

HUBUNGAN KEIKUTSERTAAN SENAM LANSIA DENGAN KESEIMBANGAN TUBUH PADA LANSIA DI UPTD RUMOH SEUJAHTRA GEUNASEH SAYANG ULEE KARENG BANDA ACEH TAHUN 2015 (cut muliani, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy