KARAKTERISTIK PENDERITA DAN JENIS INFEKSI NOSOKOMIAL DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

KARAKTERISTIK PENDERITA DAN JENIS INFEKSI NOSOKOMIAL DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH


Pengarang

Almuzakki - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1307101030089

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Kedokteran., 2013

Bahasa

Indonesia

No Classification

617.22

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Infeksi nosokomial merupakan infeksi yang didapatkan pasien setelah 48 jam perawatan di rumah sakit. Infeksi ini menjadi masalah kesehatan di dunia karena dapat meningkatkan angka morbiditas dan mortalitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik penderita dan jenis infeksi nosokomial di RSUD dr. Zainoel Abidin, Banda Aceh periode Juli-Oktober 2012. Jenis penelitian adalah deskriptif melalui observasional. Variabel penelitian adalah jenis kelamin, usia, lama rawatan dan jenis infeksi nosokomial. Pemilihan sampel dengan teknik Non Probability Sampling dengan metode Accidental Sampling. Data yang digunakan adalah data sekunder. Hasil yang didapatkan dari 62 pasien infeksi nosokomial berdasarkan jenis kelamin yang terbanyak adalah laki-laki (53,2%). Sementara itu berdasarkan frekuensi yang terbanyak terjadi pada usia >60 tahun (29%) dan berdasarkan lama rawatan ditemukan frekuensi tertinggi terdapat pada pasien dengan lama rawatan 11-20 hari (35,5%). Berdasarkan jenis infeksi, ditemukan Infeksi Aliran Darah Primer, Ventilator Assosiated Pneumonia (VAP), dan Infeksi Luka Operasi masing-masing 37,1%, 32,3% dan 30,6%. Hasil penelitian ini menunjukkan infeksi nosokomial lebih sering terjadi pada usia lanjut dan berjenis kelamin laki-laki.
Kata kunci: Infeksi nosokomial, karakteristik, infeksi luka operasi, pneumonia nosokomial, infeksi luka operasi, infeksi aliran darah primer.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK