//

KORELASI NILAI KOMPETENSI PENGETAHUAN, KETERAMPILAN, DAN SIKAP SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA LABORATORIUM UNSYIAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ZULYANSYAH ILHAM - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : Korelasi, Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan, Sikap, Kurikulum 2013 Kurikulum 2013 telah diterapkan di SMA Laboratorium sejak tahun ajaran 2013/2014. Dalam penerapannya guru masih mendapatkan berbagai kendala, terutama dalam melaksanakan penilaian autentik dalam proses pembelajaran. Sistem penilaian autentik yang dituntut dalam kurikulum 2013 adalah sistem penilaian yang menilai semua aspek hasil belajar yang mencakup domain pengetahuan, keterampilan dan sikap. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat korelasi positif antara nilai kompetensi pengetahuan dengan keterampilan dan sikap siswa dalam pembelajaran fisika di SMA Laboratorium Unsyiah. Penelitian bertujuan untuk mengetahui korelasi antara nilai kompetensi pengetahuan dengan keterampilan dan sikap siswa dalam pembelajaran fisika di SMA Laboratorium Unsyiah. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Laboratorium Unsyiah yang terdiri dari siswa kelas X sampai siswa kelas XII, sedangkan yang menjadi sampel adalah siswa kelas X dengan jumlah 121 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan korelasi Pearson Product Moment (PPM), korelasi ganda, koefisien penentu berganda (KPB), regresi linier ganda dan pengujian hipotesis menggunakan uji F. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai koefesien penentu berganda 16,18%. Koefesien korelasi ganda (R) antara antara nilai kompetensi pengetahuan (Y) dengan keterampilan (X1) dan Sikap (X2) adalah 0,41. Hasil pengujian hipotesis diperoleh bahwa Fhitung > Ftabel, atau 11,92 > 3,0756, sehingga Ha diterima dan H0 ditolak, artinya terdapat hubungan yang positif antara nilai kompetensi pengetahuan dengan keterampilan dan sikap dalam pembelajaran fisika di SMA Laboratorium Unsyiah.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGEMBANGAN TES KETERAMPILAN MAHASISWA FISIKA DALAM MENGGUNAKAN ALAT UKUR DASAR FISIKA (Oka Melawati, 2019)

KORELASI UJI KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN UJI KEMAMPUAN KOGNITIF FISIKA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 KUTACANE (EVA AINI, 2020)

PERSEPSI SISWA TERHADAP PENGGUNAAN LABORATORIUM DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA N 3 TAKENGON KAB. ACEH TENGAH (Suli Paulina, 2013)

HUBUNGAN GAYA BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI SISWA DI KELAS XI IPS SMA LABORATORIUM UNSYIAH (Cut Izzati, 2015)

PENGARUH PERCAYA DIRI TERHADAP KETERAMPILAN MENGGUNAKAN ALAT UKUR FISIKA OLEH MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN FISIKA FKIP UNSYIAH (T. ANGGI WILDANI, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy