//

PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK BAWANG MERAH (ALLIUM ASCALONICUM) TERHADAP PENURUNAN KADAR GULA DARAH MENCIT YANG DIINDUKSI ALOKSAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fitri Meutia Donytasari - Personal Name
SubjectDIABETES MELLITUS-MEDICINE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Diabetes mellitus adalah salah satu penyakit endokrin yang ditandai dengan adanya peningkatan kadar gula darah. Penggunaan obat-obatan herbal dapat menjadi salah satu pilihan untuk mengobati penyakit diabetes. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ekstrak bawang merah (Allium ascalonicum) dalam menurunkan kadar gula darah pada mencit yang diinduksi aloksan. Penelitian ini adalah penelitian eksperimental melalui rancangan eksperimen semu waktu dengan kelompok kontrol. Sampel penelitian ini adalah 15 ekor mencit (Mus musculus L.) dibagi secara acak ke dalam 3 kelompok, yaitu 2 kelompok perlakuan (ekstrak bawang merah masing-masing dengan dosis 250 mg/kgbb dan 1000 mg/kgbb) dan kelompok kontrol negatif yaitu akuades. Semua kelompok diberikan perlakuan selama 7 hari, selanjutnya kadar gula darah mencit setiap kelompok diukur. Data dianalisis menggunakan uji-t berpasangan. Hasil pengukuran kadar gula darah sesudah perlakuan menunjukkan kadar gula darah rata-rata kelompok kontrol negatif, ekstrak bawang merah 250 mg/kgbb dan 1000 mg/kgbb adalah 422,75 mg/dl, 382,5 mg/dl dan 125,5 mg/dl. Hasil analisis data menunjukkan tidak terdapat perbedaan nyata (p>0,05) kadar gula darah pada kelompok K1 (kontrol negatif) dan K2 (ekstrak bawang merah 250 mg/kgbb), tetapi terdapat perbedaan yang nyata (p

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK ETANOL KULIT BUAH MANGGIS (GARCINIA MAGOSTANA L.) TERHADAP PENURUNAN KADAR GULA DARAH MENCIT (MUS MUSCULUS) YANG DIINDUKSI ALOKSAN (INDRA ANAS SULAIMAN, 2015)

UJI AKTIVITAS ANTIDIABETES EKSTRAK ETANOL 80% BAWANG PUTIH (ALLIUM SATIVUM LINN.) PADA MENCIT (MUS MUSCULUS) YANG DIINDUKSI ALOKSAN (SHAFIRA FATHIN, 2019)

PENGARUH EKSTRAK ALBEDO SEMANGKA MERAH (CITRULUS LANATUS) TERHADAP GLUKOSA DARAH TIKUS (RATTUS NORVEGICUS) DIABETES MELITUS (Cici Irma Yanti Hasugian, 2019)

AKTIVITAS EKSTRAK ETANOL JAHE MERAH (ZINGIBER OFFICINALE VAR RUBRUM) TERHADAP PENURUNAN KADAR GULA DARAH TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS) JANTAN STRAIN WISTAR HIPERGLIKEMIA (Cita Nopriani Ritonga, 2018)

PENGARUH PEMBERIAN KACANG PANJANG (VIGNA UNGUICULATA) TERHADAP KADAR GLUKOSA DARAH MENCIT (MUS MUSCULUS) YANG DIINDUKSI ALOKSAN (Intan Fitri Aprila, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy