PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK TALK WRITE (TTW) PADA MATERI BANGUN DATAR DI KELAS V SD NEGERI GAROT ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK TALK WRITE (TTW) PADA MATERI BANGUN DATAR DI KELAS V SD NEGERI GAROT ACEH BESAR


Pengarang

Yuni Yanti - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1106104040025

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2015

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kata Kunci: model cooperative learning, tipe think talk write, bangun datar
Penelitian ini berjudul “Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Think Talk Write (TTW) pada Materi Bangun Datar di Kelas V SD Negeri Garot Aceh Besar”. Adapun masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar siswa dapat mencapai ketuntasan melalui penerapan model cooperative learning tipe TTW pada materi bangun datar di kelas V SD Negeri Garot Aceh Besar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa pada materi bangun datar di kelas V SD Negeri Garot Aceh Besar. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif, dan jenis penelitian ini adalah pre-eksperimen dengan desain one-shot case study. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Garot Aceh Besar yang berjumlah sebanyak 59 siswa, namun yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V/A SD Negeri Garot Aceh Besar yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes sebanyak 5 butir soal yang berbentuk essay. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan uji-t dengan taraf signifikan ? = 0,05 dan derajat kebebasan dk = (n - 1) = (28 – 1) = 27. Dari nilai tersebut diperoleh t(0,95)(27) sehingga ttabel = 1,70. Karena 6,20 > 1,70 maka thitung > ttabel, sehingga ditolak diterima. Dengan demikian dapat diajukan suatu kesimpulan yaitu “Melalui penerapkan model cooperative learning tipe TTW hasil belajar siswa dapat mencapai ketuntasan dalam pembelajaran matematika pada materi bangun datar di kelas V SD Negeri Garot Aceh Besar” dapat diterima.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK