HUBUNGAN PENYESUAIAN DIRI DENGAN KECENDERUNGAN PERILAKU KENAKALAN (DELINQUENCY) PADA REMAJA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

HUBUNGAN PENYESUAIAN DIRI DENGAN KECENDERUNGAN PERILAKU KENAKALAN (DELINQUENCY) PADA REMAJA


Pengarang

A. M. Munawwarah - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1106104030018

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Bimbingan dan Konseling (S1) / PDDIKTI : 86201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2015

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Kata kunci: Penyesuaian diri remaja, perilaku kenakalan (delinquency)
Penelitian ini berjudul “hubungan penyesuaian diri dengan perilaku kenakalan (delinquency) pada remaja”. Penelitian ini mengangkat masalah tentang kaitan antara penyesuaian diri dengan kecenderungan perilaku kenakalan pada remaja di SMAN 1 Sukamakmur serta tentang aspek penyesuaian diri yang paling dominan memiliki hubungan dengan kecenderungan perilaku kenakalan pada remaja di SMAN 1 Sukamakmur. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian bertempat di SMAN 1 Sukamakmur Aceh Besar dengan populasi seluruh siswa 217 siswa. Sampel penelitian menggunakan simple random sampling dengan menggunakan rumus Slovin sebanyak 141 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dengan model skala likert. Analisis data menggunakan analisis korelasi Spearman Rank. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang negatif dan signifikan antara penyesuaian diri dengan kecenderungan perilaku kenakalan (delinquency) pada remaja di SMAN 1 Sukamakmur dengan r hitung sebesar -0.472 pada taraf signifikan 0.000. Ditinjau dari aspek penyesuaian diri, aspek gambaran diri positif merupakan aspek yang paling dominan berhubungan dengan perilaku kenakalan (delinquency) yaitu r hitung sebesar -0.411. Sedangkan aspek penyesuaian diri lainnya juga memiliki hubungan dengan perilaku kenakalan (delinquency) pada taraf interpretasi lemah yaitu aspek persepsi terhadap realita r hitung sebesar -0.360, aspek kemampuan mengatasi stress dan kecemasan r hitung sebesar -0.145, aspek mampu mengekspresikan emosi dengan baik r hitung sebesar -0.219, dan aspek hubungan interpersonal yang baik r hitung sebesar -0.367. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang negatif dan signifikan antara penyesuaian diri dengan perilaku kenakalan (delinquency) pada remaja di SMAN 1 Sukamakmur dan aspek penyesuaian diri yang paling dominan berhubungan dengan perilaku kenakalan (delinquency) adalah aspek gambaran diri positif dengan taraf interpretasi sedang atau cukup.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK