//

DESAIN SISTEM MAXIMUM POWER POINT TRACKER (MPPT) PADA SISTEM PHOTOVOLTAIC (PV) MENGGUNAKAN METODE HILL CLIMBING

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Azhar Gunawan - Personal Name

Abstrak/Catatan

Energi surya merupakan salah satu sumber energi terbarukan yang tersedia tidak terbatas di alam. Sistem photovoltaic (PV) merupakan komponen semi konduktor yang berfungsi mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik yang kini lebih dikenal sel surya. Daya yang dihasilkan oleh sel surya tergantung dari besarnya intensitas cahaya matahari dan temperatur, besarnya intensitas cahaya matahari mempengaruhi besarnya daya keluaran. Dalam penelitian tugas akhir ini disimulasikan sebuah sistem Maximum Power Point Tracker (MPPT) menggunakan algoritma Hill Climbing dan boost konverter menggunakan software PSIM. Sistem MPPT ini dapat menghasilkan daya keluaran dari panel surya beroperasi pada titik daya maksimum dengan kondisi cahaya matahari yang berubah-ubah. Hasil simulasi menunjukkan besarnya energi panel surya yang telah dikontrol MPPT sebesar 2,83 kWh mendekati energi maksimum panel surya sebesar 2,85 kWh selama 8 jam dengan efisiensi sebesar 99,24%, sedangkan besarnya energy panel surya tanpa kontrol MPPT hanya mencapai 2,72 kWh. Kata kunci : Photovoltaic (PV), panel surya, MPPT, algoritma hill climbing, boost konverter

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

DESAIN MAXIMUM POWER POINT TRACKING (MPPT) PADA SISTEM PHOTOVOLTAIC MENGGUNAKAN ALGORITMA INCREMENTAL CONDUCTANCE (ARDIANSYAH LUBIS, 2021)

PENENTUAN TITIK DAYA MAKSIMUM ARRAY MODUL SURYA PADA PARTIAL SHADING DENGAN KONDISI MULTIPLE PEAK MENGGUNAKAN METODE GREY WOLF OPTIMIZATION (GWO) (MULIADI, 2021)

KAJIAN ASPEK KECEPATAN DAN KETEPATAN PADA SUN TRACKER DUA SUMBU BERBASIS SENSOR BERBENTUK TETRAHEDRON (SADDAM AZMI, 2019)

PENGARUH VARIASI RADIASI DAN SUHU TERHADAP PELACAKAN TITIK DAYA MAKSIMUM MODUL SURYA DENGAN METODE GREY WOLF OPTIMIZATION (RIZKI FAULIANUR, 2018)

DESAIN MULTILEVEL INVERTER SATU FASA PADA SISTEM PHOTOVOLTAIC (PV) OFF-GRID BERBASIS MIKROKONTROLER PIC16F877 (aidil azhar, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy