DESAIN SISTEM MAXIMUM POWER POINT TRACKER (MPPT) PADA SISTEM PHOTOVOLTAIC (PV) MENGGUNAKAN METODE HILL CLIMBING | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

DESAIN SISTEM MAXIMUM POWER POINT TRACKER (MPPT) PADA SISTEM PHOTOVOLTAIC (PV) MENGGUNAKAN METODE HILL CLIMBING


Pengarang

Azhar Gunawan - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1004105010083

Fakultas & Prodi

Fakultas Teknik / Teknik Elektro (S1) / PDDIKTI : 20201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2015

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Energi surya merupakan salah satu sumber energi terbarukan yang tersedia tidak terbatas di alam. Sistem photovoltaic (PV) merupakan komponen semi konduktor yang berfungsi mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik yang kini lebih dikenal sel surya. Daya yang dihasilkan oleh sel surya tergantung dari besarnya intensitas cahaya matahari dan temperatur, besarnya intensitas cahaya matahari mempengaruhi besarnya daya keluaran. Dalam penelitian tugas akhir ini disimulasikan sebuah sistem Maximum Power Point Tracker (MPPT) menggunakan algoritma Hill Climbing dan boost konverter menggunakan software PSIM. Sistem MPPT ini dapat menghasilkan daya keluaran dari panel surya beroperasi pada titik daya maksimum dengan kondisi cahaya matahari yang berubah-ubah. Hasil simulasi menunjukkan besarnya energi panel surya yang telah dikontrol MPPT sebesar 2,83 kWh mendekati energi maksimum panel surya sebesar 2,85 kWh selama 8 jam dengan efisiensi sebesar 99,24%, sedangkan besarnya energy panel surya tanpa kontrol MPPT hanya mencapai 2,72 kWh.

Kata kunci : Photovoltaic (PV), panel surya, MPPT, algoritma hill climbing, boost konverter

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK