//

EKSPLORASI DAN UJI EFEKTIVITAS CENDAWAN ENDOFIT ASAL TANAMAN KENTANG DALAM MEDIA KOMPOS KULIT KOPI UNTUK MENEKAN PERKEMBANGAN PENYAKIT HAWAR DAUN KENTANG (PHYTOPHTHORA INFESTANS)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang anna fitriana - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menguji efektivitas cendawan endofit asal tanaman kentang dalam media kompos kulit kopi untuk menekan perkembangan penyakit hawar daun yang disebabkan oleh (P. infestans). Penelitian dilaksanakan di Laboratoium Penyakit Tumbuhan Fakultas Pertanian UNSYIAH dan di University Farm Stasiun Riset Bener Meriah (UFBM) Universitas Syiah Kuala yang terletak di Desa Tunyang Kecamatan Timang Gajah Kabupaten Bener Meriah, yang berlangsung dari bulan mei sampai dengan oktober 2014. Penelitian tahap pertama eksplorasi cendawan endofit dari akar tanaman kentang (Solanum tuberosum) yang diperoleh dari Desa Atu lintang Kabupaten Aceh Tengah, Peubah yang diamati meliputi karakteristik cendawan endofit hasil isolasi, laju pertumbuhan jamur endofit, persentase penghambatan terhadap cendawan patogen P.infestans. Tahap kedua pengujian efektivitas cendawan endofit yang ditemukan dari hasil penelitian tahap pertama dalam media kompos kulit kopi dengan menggunakan rancangan acak kelompok (RAK) 5 ulangan. Peubah yang diamati kejadian penyakit dan intensitas penyakit, bobot umbi sehat dan jumlah umbi sehat. Hasil eksplorasi diperoleh dua isolat cendawan yang berpotensi sebagai agens pengendalian hayati (isolat A8 dan B9) dengan rata-rata persentase daya penghambatan terhadap cendawan patogen sebesar 93,83% dan 94,87%. Hasil pengujian efektivitas cendawan endofit, menunjukan bahwa isolat B9 dalam media kompos kulit kopi lebih efektif berdasarkan pengamatan kejadian penyakit 48,00 % dan intensitas penyakit 8,00 %.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

APLIKASI BIOCHAR DAN KOMPOS RNKULIT KOPI UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS TANAH DAN HASIL TANAMAN KENTANG RN(SOLANUM TUBEROSUM L.) (Darwin Effendi, 2014)

PENGAYAAN PUPUK ORGANIK LIMBAH CANGKANG PALA DENGAN CENDAWAN ENDOFIT ISOLAT ASAL PALA UNTUK MENGENDALIKAN PENYAKIT PADA TANAMAN PALA (MYRISTICA FRAGRANS HOUTT) (rahmad iqbal, 2015)

APLIKASI FORMULASI CAIR TRICHODERMA HARZIANUM DAN TRICHODERMA VIRENS SEBAGAI AGEN PENGENDALI HAYATI (APH) PENYAKIT HAWAR DAUN (PHYTOPTHORA PALMIVORA) PADA BIBIT KAKAO (DESI ARIDA, 2019)

APLIKASI SUSPENSI PELET TRICHODERMA HARZIANUM SEBAGAI AGEN PENGENDALIAN HAYATI (APH) PENYAKIT HAWAR DAUN (PHYTOPHTHORA PALMIVORA) PADA BIBIT KAKAO. (Yulfa Sari Tarigan, 2017)

PENGARUH MEDIA TANAM TERHADAP KEMAMPUAN BAKTERI ENDOFIT DALAM MENGENDALIKAN SERANGAN PENYAKIT MATI RANTING PADA BIBIT PALA (MYRISTICA FRAGRANS) (Riza Afdila, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy