//

MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PESANTREN MODERN DARUL ULUM KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang FAHMI ARFAN - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
LEARNING MANAGEMENT
Bahasa Indonesia
Fakultas Prog. Pascasarjana
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

vi MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PESANTREN DARUL ‘ULUM KOTA BANDA ACEH Oleh : Fahmi Arfan NIM : 1109200050020 Komisi Pembimbing: 1. Prof. Dr. Yusrizal, M. Pd. 2. Prof. Dr. Murniati AR, M. Pd. ABSTRAK Manajemen pembelajaran pada lembaga pesantren atau madrasah merupakan suatu keharusan dalam upaya peningkatan hasil belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: perencanaan, pelaksanaan, dan pengevaluasian pembelajaran pada Madrasah/Pesantren Darul ‘Ulum Kota Banda Aceh. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah: observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Subyek penelitian adalah Kepala Madrasah dan Guru-guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran disusun guru-guru, meliputi penentuan Alokasi Waktu dan Minggu efektif, Menyusun Program Tahunan (Prota), Menyusun Program Semesteran (Promes), menyusun Silabus Pembelajaran, menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Pelaksanaan Pembelajaran sudah berjalan sesuai dengan fungsi manajemen, yaitu pembagian kerja sesuai dengan kapasitas masing-masing. Kepala sekolah dan guru-guru sudah melaksanakan peran dan tanggung jawabnya. Evaluasi dan aspek penilaian pada Madrasah/ Pesantren Darul ‘Ulum Kota Banda Aceh menunjukkan bahwa proses penilaian disesuaikan dan berpedoman pada RPP yang telah disusun. Dapat disimpulkan bahwa Kepala Sekolah serta guru-guru sudah melaksanakan perannya sesuai tupoksi masing-masing. Tersedianya sarana dan prasarana yang cukup memadai dalam menunjang keberhasilan proses pembelajaran. Kendala yang masih terjadi, alokasi waktu belajar yang kurang dan rendahnya kedisiplinan siswa. Dengan adanya kendala ini bisa dijadikan bahan untuk dievaluasi, dimana yang masih kurang dalam manajemen pembelajaran bisa diperbaiki untuk waktu yang akan datang demi peningkatan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Manajemen Pembelajaran dan Hasil Belajar

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGA RINITIS ALERGI DENGAN DEPRESI PADA SISWA PONDOK PESANTREN DARUL ULUM BANDA ACEH (ALYA NADIRA, 2021)

KEBERADAAN SARANA DAN PRASARANA PEMBELAJARAN PENJASORKES DI PESANTREN MODERN DI KOTA BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2013/2014 (husnul miswandi, 2015)

PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI MATA PELAJARAN SEJARAH ANTARA MAS DARUL ULUM DENGAN SMA INSHAFUDDINRN BANDA ACEHRN2012/2013 RNPERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI MATA PELAJARAN SEJARAH ANTARA MAS DARUL ULUM DENGAN SMA INSHAFUDDINRN BANDA ACEHRN2012/2013 RNPERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI MATA PELAJARAN SEJARAH ANTARA MAS DARUL ULUM DENGAN SMA INSHAFUDDINRN BANDA ACEHRN2012/2013 (Rahmi Yanti, 2014)

AN ANALYSIS OF STUDENTS’ SATISFACTION TOWARD ENGLISH DAY PROGRAM AT DARUL ULUM ISLAMIC BOARDING SCHOOL, BANDA ACEH (Rahmatullah, 2019)

HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DENGAN PENYESUAIAN DIRI PADA SANTRI KELAS VII DI DAYAH MODERN DARUL ULUM BANDA ACEH (Suci Zahratulliza, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy