//
MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PESANTREN MODERN DARUL ULUM KOTA BANDA ACEH |
|
![]() |
BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak |
Pengarang | FAHMI ARFAN - Personal Name |
---|---|
Subject | EDUCATIONAL PSYCHOLOGY LEARNING MANAGEMENT |
Bahasa | Indonesia |
Fakultas | Prog. Pascasarjana |
Tahun Terbit | 2015 |
Abstrak/Catatan vi MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PESANTREN DARUL ‘ULUM KOTA BANDA ACEH Oleh : Fahmi Arfan NIM : 1109200050020 Komisi Pembimbing: 1. Prof. Dr. Yusrizal, M. Pd. 2. Prof. Dr. Murniati AR, M. Pd. ABSTRAK Manajemen pembelajaran pada lembaga pesantren atau madrasah merupakan suatu keharusan dalam upaya peningkatan hasil belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: perencanaan, pelaksanaan, dan pengevaluasian pembelajaran pada Madrasah/Pesantren Darul ‘Ulum Kota Banda Aceh. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah: observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Subyek penelitian adalah Kepala Madrasah dan Guru-guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran disusun guru-guru, meliputi penentuan Alokasi Waktu dan Minggu efektif, Menyusun Program Tahunan (Prota), Menyusun Program Semesteran (Promes), menyusun Silabus Pembelajaran, menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Pelaksanaan Pembelajaran sudah berjalan sesuai dengan fungsi manajemen, yaitu pembagian kerja sesuai dengan kapasitas masing-masing. Kepala sekolah dan guru-guru sudah melaksanakan peran dan tanggung jawabnya. Evaluasi dan aspek penilaian pada Madrasah/ Pesantren Darul ‘Ulum Kota Banda Aceh menunjukkan bahwa proses penilaian disesuaikan dan berpedoman pada RPP yang telah disusun. Dapat disimpulkan bahwa Kepala Sekolah serta guru-guru sudah melaksanakan perannya sesuai tupoksi masing-masing. Tersedianya sarana dan prasarana yang cukup memadai dalam menunjang keberhasilan proses pembelajaran. Kendala yang masih terjadi, alokasi waktu belajar yang kurang dan rendahnya kedisiplinan siswa. Dengan adanya kendala ini bisa dijadikan bahan untuk dievaluasi, dimana yang masih kurang dalam manajemen pembelajaran bisa diperbaiki untuk waktu yang akan datang demi peningkatan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Manajemen Pembelajaran dan Hasil Belajar | |
Tempat Terbit | Banda Aceh |
Literature Searching Service |
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS) |
Share Social Media | |
Tulisan yang Relevan HUBUNGA RINITIS ALERGI DENGAN DEPRESI PADA SISWA PONDOK PESANTREN DARUL ULUM BANDA ACEH (ALYA NADIRA, 2021) |
|
Kembali ke sebelumnya | |