PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E PADA MATERI HIDROKARBON UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMAN 7 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E PADA MATERI HIDROKARBON UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMAN 7 BANDA ACEH


Pengarang

Vera Dewi Fajrina - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1106103040031

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Kimia (S1) / PDDIKTI : 84204

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2015

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kata kunci: Learning Cycle 7E, hidrokarbon, hasil belajar, aktivitas, tanggapan.

Telah dilakukan penelitian dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E pada Materi Hidrokarbon untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 7 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2015/2016”, tujuan penelitian ini dilakukan untuk melihat hasil belajar, aktivitas belajar dan tanggapan siswa setelah mempelajari materi hidrokarbon dengan model learning cycle 7E. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-MIA-3 SMAN 7 Banda Aceh yang berjumlah 32 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Data penelitian diperoleh melalui soal pilihan ganda untuk melihat hasil belajar, lembar aktivitas digunakan untuk mengukur tingkat keaktifan siswa dan angket disebarkan kepada siswa untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap model pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada ranah pengetahuan, keterampilan, dan sikap dengan model learning cycle 7E dikategorikan baik dengan persentase rata-rata empat kali pertemuan adalah 67,57%, 79,52% dan 83,11%. Siswa aktif dalam proses pembelajaran dengan rata-rata persentase aktivitas saat pembelajaran berlangsung melalui penerapan model learning cycle 7E pada pertemuan pertama, kedua, ketiga dan keempat berturut-turut sebesar 86,53%, 88,78%, 91,67% dan 93,59% dengan kategori sangat baik serta 86,24% siswa memberi tanggapan positif terhadap proses pembelajaran yang berlangsung dengan model learning cycle 7E. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran learning cycle 7E dapat dilaksanakan pada materi hidrokarbon dengan hasil belajar siswa tuntas secara klasikal, meningkatnya aktivitas dan siswa memberikan tanggapan yang positif terhadap model learning cycle 7E dengan kategori sangat baik.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK