//

SIMULASI PEMANFAATAN DISTRIBUTED GENERATION (DG) PADA JARINGAN DISTRIBUSI 20 KV DENGAN ETAP 7.0.0 DI PT.PLN (PERSERO) RANTING KUTACANE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Saddam Rijal Kasmi - Personal Name

Abstrak/Catatan

Pada penelitian ini Distributed Generation (DG) merupakan suatu pembangkit berskala kecil yang dipasang dijaringan distribusi dengan maksud untuk mengurangi jatuh tegangan yang timbul karena panjang saluran, pembebanan yang berlebihan pada trafo, serta impendansi saluran. Distributed generation dengan berkapasitas kecil dan tegangan nominal rendah menjadi salah satu alternative dalam membangkitkan energi listrik. Penelitian ini dilakukan untuk menentukan besar nilai perbaikan tegangan pada sistem jaringan distribusi 20 kV di PT. PLN (Persero) Wilayah Aceh, Rayon Kutacane, Aceh Tenggara dengan memanfaatkan aliran sungai Nembak yang terletak di Kabupaten Aceh Tenggara, dan menggunakan bantuan softwere ETAP 7.0. Ada dua tahap dalam simulasi ini yaitu, simulasi aliran daya tanpa DG dan simulasi aliran daya dengan DG ke feeder kota. Hasil simulasi tanpa DG ke feeder kota sebesar 19,586 kV di feeder kota. Setelah dilakukan simulasi dengan DG ke feeder kota perbaikan tegangan sebesar 19,646 kV atau sekitar 0,65%. Efek pemindahan DG tersebut dapat mempengaruhi kuwalitas tegangan pada feeder-feeder lain. Kata Kunci :Distributed Generation (DG), Tegangan, feeder, Aliran Daya, ETAP 7.0.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STUDI INTEGRASI DISTRIBUTED GENERATION PADA SALURAN DISTRIBUSI PLN DI KRUENG RAYA (Renno Kamal Putra, 2016)

ANALISIS DAMPAK DISTRIBUTED GENERATION TERHADAP PERBAIKAN TEGANGAN DAN RUGI-RUGI DAYA PADA SISTEM 20KV DI AREA SIANTAR RAYON TANAH JAWA DENGAN ETAP 7.0.0 (Gilang Wirizkho Romadhona, 2015)

ANALISIS PEMANFAATAN DISTRIBUTED GENERATION (PLTMH) UNTUK MENGURANGI PENGGUNAAN BAHAN BAKAR DI PLTD AYANGAN (Fakhrul Rozi, 2016)

PENGARUH HARMONISA TERHADAP EFISIENSI TRANSFORMATOR DISTRIBUSI 20 KV GARDU INDUK BANDA ACEH (Zakian, 2016)

SIMULASI SHORT-CIRCUIT TIGA FASA STANDAR IEC 60909 UNTUK PERHITUNGAN KAPASITAS CB (CIRCUIT BREAKER) PADA JARINGAN DISTRIBUSI PLN 20 KV BANDA ACEH DENGAN ETAP 12.6 (T.muhammad Hasanul R, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy