//

LOCAL WISDOM DALAM IKLAN MEDIA BALIHO DI ACEH (ANALISIS SEMIOTIKA TERHADAP IKLAN BALIHO KARTU AS VERSI AKTIFKAN PAKET 500 DAN IKLAN IM3 VERSI GRATIS 30 MENIT NELPON)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Dilla Novianita - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “ Local Wisdom Aceh dalam Iklan Media Baliho di Aceh (Analisis Semiotika Terhadap Iklan Baliho Kartu As Versi Aktifkan Paket 500 dan Iklan Im3 Versi Gratis 30 Menit Nelpon). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui local wisdom Aceh dalam iklan media baliho Kartu AS versi Aktifkan Paket 500 dan iklan Im3 versi Gratis 30 Menit Nelpon. Penelitian ini menggunakan Teori Charles Sander Peirce. Metode yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Pengumpulan data digunakan dengan observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan segitiga makna yang dikemukakan oleh Peirce yaitu tanda objek dan interpretant. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan penerapan local wisdom Aceh pada iklan Kartu As versi Aktifkan Paket 500 dan iklan Im3 versi Gratis 30 Menit Nelpon. Pada jenis tanda ikon, model wanita pada iklan Im3 dan Kartu As terlihat sudah mengikuti local wisdom Aceh hal ini terlihat dengan tidak bercampurnya antara laki-laki dan perempuan pada iklan Kartu As dan penggunaan kerudung serta pakaian tertutup pada model wanita dari kedua iklan tersebut. Pada jenis tanda indeks dimana iklan Im3 menggambarkan model wanita dengan hijab dan pakaian yang lebih tertutup dibandingkan iklan Kartu As, pada iklan kartu As penutup kepala yang digunakan oleh model wanita tidak sempurna karena masih memperlihatkan aurat. Pada jenis tanda simbol iklan Kartu As menggunakan logo yang tidak sesuai dengan local wisdom Aceh yaitu penggunaan kartu remi. Teks headline pada kedua iklan ini mempunyai interpretant yang sama yaitu pemberian hadiah dari perusahaan untuk konsumen, pemberian hadiah di dalam Islam tidak ada larangan apabila kedua belah pihak tidak ada yang dirugikan. Sedangkan penggunaan warna iklan Kartu As terlihat lebih baik dengan menggabungkan warna merah dan warna putih sehingga terkesan netral, berbeda dengan iklan Im3 yang hanya menggunakan warna yang mencolok yaitu warna kuning yang tidak di perkenankan dalam Islam. Kata kunci : Local wisdom, Media baliho, Kartu As, Im3

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EFEKTIVITAS PENEMPATAN BALIHO (BILLBOARD) DALAM PENYEBARAN IKLAN KOMERSIAL DI BANDA ACEH (Geubrina Ananda Maulani, 2016)

REPRESENTASI EKSPLOITASI PEREMPUAN DALAM IKLAN NEW ERA VERSI BOOTS PADA MEDIA TELEVISI (Arif Hidayat, 2018)

ANALISIS PENANDA VERBAL DAN PENANDA VISUAL (ANALISIS SEMIOTIKA) DALAM IKLAN LAYANAN JASA OLX.CO.ID (Intan Munawarah, 2016)

PELANGGARAN PEDOMAN PERIKLANAN OBAT TRADISIONAL MENTERI KESEHATAN OLEH MEDIA CETAK DI ACEH (STUDI KASUS MEDIA CETAK HARIAN SERAMBI INDONESIA) (Astia Ulfa, 2017)

EKSPLOITASI TUBUH PEREMPUAN DALAM IKLAN (ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN TELEVISI GIV BEAUTY SOAP “TAMPIL MEMUKAU PENUH PESONA”) (Ayu Wulandari, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy