//

`FUNGSI DAN MAKNA SYAIR TARI SEUDATI PADA MASYARAKAT ACEH TAMIANG

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ZAHARAH - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: Tari Seudati, Fungsi, Makna Syair Penelitian dengan judul “Fungsi dan Makna Syair Tari Seudati Pada Masyarakat Aceh Tamiang”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana fungsi tari seudati pada masyarakat Aceh Tamiang? (2) Apa makna syair yang terkandung di dalam tarian seudati pada masyarakat Aceh Tamiang?. Penelitian ini bertujuan untuk (1) memaparkan fungsi tari seudati pada masyarakat Aceh Tamiang dan (2) mengetahui makna syair tarian seudati pada masyarakat Aceh Tamiang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan Kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan melalui redusi data, penyajian data, verifikasi data dan statistik sederhana. Populasi sebanyak 4534 orang dan menggunakan 98 orang responden sebagai sampel dengan menggunakan rumus Slovin. Hasil penelitian menunjukan bahwa tari seudati di kabupaten Aceh Tamiang telah ada di tengah-tengah masyarakat sejak kehadiran para syeh yang berpindah tempat tinggal dari daerah lain kedaerah Aceh Tamiang dan telah menjadi bentuk kesenian yang mampu bertahan hingga saat ini. Seudati bagi masyarakat Aceh Tamiang berfungsi sebagai hiburan, upacara, pendidikan, kritikan sosial dan media dakwah islami. Adapun makna yang terkandung pada syair tari seudati adalah tentang ketuhanan, kemasyarakatan, persaudaraan, penghormatan dan pendidikan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS POLA LANTAI TARI KREASI SEUDATI INONG DI SANGGAR LEMPIA BANDA ACEH (Meipur Yanti, 2016)

PENYAMPAIAN PESAN VERBAL DAN NONVERBAL MELALUI SENI TARI SEUDATI DALAM MELESTARIKAN KEBUDAYAAN ACEH (STUDI PADA SANGGAR SENI SEUDATI PUTRA NAGA DESA MUTIARA KECAMATAN SAWANG KABUPATEN ACEH SELATAN) (Juwanda, 2014)

MAKNA SYAIR-SYAIR GAYO DALAM ANTOLOGI SYAIR GAYO (FITRIANI, 2019)

ANALISIS STRUKTUR GERAK SEUDATI DI ACEH (Iqbal Fahreza, 2019)

BENTUK PENYAJIAN TARI SEKAPUR SIRIH DI KABUPATEN ACEH TAMIANG (Sepri Cah Ayu, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy