//

KAJIAN PROSES PEMBUATAN DAN MUTU PRODUK BELACAN DEPIK (RASBORA TAWARENSIS) DI KABUPATEN ACEH TENGAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nano Yuliadi - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari proses pembuatan dan mutu produk belacan depik di Kabupaten Aceh Tengah.Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei hingga Juni 2015. Penelitian ini menggunakan metode observasi dengan meninjau langsung proses pembuatan produk belacan depik dari dua tempat pengrajin yang ada di Kabupaten Aceh Tengah. Wawancara dilakukan dengan menggunakan kuisioner sebagai pedoman dan daftar pengecek (check list) saat melakukan interview. Analisis mutu belacan depik dilakukan secara kimiawi (kadar air, kadar abu, pH, lemak dan protein), mikrobiologis (total bakteri asam laktat) dan uji organoleptik terhadap rasa, aroma, warna dan tekstur. Hasil survey proses pembuatan belacan depik dari dua tempat pengrajin yang ada di Kabupaten Aceh Tengah menunjukan bahwa ada sedikit perbedaan dalam proses pembuatan dan bahan-bahan yang digunakan. Mutu belacan depik pada kadar air, kadar protein dan nilai pH, lebih tinggi sampel A dibandingkan dengan sampel B. Sedangkan kadar abu, kadar lemak, dan total BAL pada sampel B lebih tinggi dibandingkan dengan sampel A. Hasil uji organoleptik warna pada sampel A lebih disukai oleh panelis dari pada sampel B. Sedangkan pada aroma, rasa dan tekstur sampel B lebih di sukai dibandingkan dengan sampel A.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN KADAR LEMAK IKAN DEPIK (RASBORA TAWARENSIS) DI KABUPATEN ACEH TENGAH (SYAHRIN NOVIA,SKH, 2014)

JUMLAH BAKTERI PADA IKAN DEPIK (RASBORA TAWARENSIS) KERING YANG DIJUAL DI PASAR TRADISIONAL TAKENGON,ACEH TENGAH (Sona Betharry Muhammad, 2021)

PERBANDINGAN KADAR PROTEIN IKAN DEPIK (RASBORA TAWARENSIS)RN DENGAN IKAN RELO (RASBORA SP.) DI DANAU LAUT TAWARRNKABUPATEN ACEH TENGAH (Maskur Alamsyah, 2014)

ANALISIS KADAR PROTEIN IKAN DEPIK (RASBORA TAWARENSIS) DI DANAU LAUT TAWAR KABUPATEN ACEH TENGAH (ISKANDAR MUNTHE S. KH, 2014)

PENGARUH PEMBERIAN DAPHNIA MAGNA DIPERKAYA VITAMIN C TERHADAP KELANGSUNGAN HIDUP DAN PERTUMBUHAN BENIH IKAN DEPIK (RASBORA TAWARENSIS) (Rahmadhani, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy