//

HUBUNGAN DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI TERHADAP KETERAMPILAN BERMAIN SEPAK TAKRAW PADA ATLET KOTA BANDA ACEH TAHUN 2015

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MUHAMMAD MAULANA - Personal Name
SubjectFOOTBALL
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

Penelitian yang berjudul “Hubungan Daya Ledak Otot Tungkai Terhadap Keterampilan Bermain Sepak Takraw Pada Atlet Kota Banda Aceh Tahun 2015”. Olahraga mempunyai peran yang penting dalam kehidupan manusia, karena dengan adanya olahraga manusia dapat mendorong dan menentukan maju mundurnya suatu proses pembangunan bangsa dalam bidang olahraga, salah satunya pada cabang olahraga sepak takraw. Sepak takraw adalah menyepak bola dengan samping kaki, sisi kaki bagian dalam atau bagian luar kaki yang terdiri dari tiga orang pemain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan daya ledak otot tungkai dengan keterampilan bermain sepak takraw pada atlet Kota Banda Aceh tahun 2015. Metode yang digunakan metode deskriptif. Sampel yang digunakan sebanyak 10 atlet,pengolahan data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis korelasi sederhana. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh nilai r sebesar 0.34, karena atlet kurang memahami unsur-unsur kondisi fisik yang memang harus dikuasai oleh atlet,sehingga mengakibatkan nilai korelasi termasuk dalam kategori rendah. Koefesien determinasi sebesar 11,56% terhadap keterampilan bermain sepak takraw. Nilai t hit = 2.83 dan t tab =1,86, Ternyata t hitung lebih besar dari ttabel, atau 2,83 ≥ 1,86, maka Ho ditolak, artinya terdapat hubungan yang positif antara daya ledak otot tungkai terhadap keterampilan bermain sepak takraw pada selang kepercayaan 0.05. Secara keseluruhan terdapat hubungan daya ledak otot tungkai dengan keterampilan sepak takraw. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif antara daya ledak otot tungkai dengan keterampilan bermain sepak takraw pada atlet Kota Banda Aceh. Penelitian ini kiranya dapat dilanjutkan dalam permasalahan yang lebih luas dengan jumlah sampel yang lebih besar, sehingga dapat memberikan sumbangan pemikiran kepada pelatih, pembina maupun atlet dapat berupaya meningkatkan prestasi sepak takraw.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KONTRIBUSI DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI DAN KECEPATA REAKSI KAKI TERHADAP KEMAMPUAN SMASH DALAM PERMAINAN SEPAK TAKRAW PADA ATLET BINAAN PSTI KOTA BANDA ACEH TAHUN 2013 (fachrurrazi, 2014)

HUBUNGAN DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI DENGAN KEMAMPUAN TENDANGAN LURUS PADA ATLET PENCAK SILAT KOTA BANDA ACEH TAHUN 2015 (Santri, 2018)

KONTRIBUSI KECEPATAN REAKSI KAKI DAN DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI TERHADAP KETEPATAN SMASH DALAM PERMAINAN SEPAK TAKRAW PADA ATLET BINAAN PSTI KABUPATEN ACEH TIMUR TAHUN 2011 (HABIBUL ABRAR, 2013)

TINGKAT KETERAMPILAN BERMAIN SEPAK TAKRAW ATLET SEPAK TAKRAW KABUPATEN NAGAN RAYA TAHUN 2014 (Saifan, 2014)

PERBANDINGAN KETERAMPILAN SEPAK TAKRAW ANTARA ATLET KABUPATEN ACEH TIMUR DENGAN KOTA BANDA ACEH TAHUN 2019 (IRWANSYAH, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy