//

KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS MATEMATIKA MELALUI MODEL RECIPROCAL TEACHING DI KELAS XI SISWA SMA NEGERI 1 TANAH JAMBO AYE ACEH UTARA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurfuadina - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
STUDENTS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci : Reciprocal Teaching, Berfikir Kritis, Statistika Rendahnya kemampuan berfikir kritis matematika siswa dalam belajar matematika disebabkan karena metode pembelajaran yang digunakan kurang sesuai, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam berfikir dan pengembangan ide-ide atau gagasan yang dimilikinya dalam hal suatu permasalahan. Untuk itu salah satu usaha guru dalam strategi mengajar adalah menggunakan model pembelajaran yang sesuai, yang dapat memberi semangat siswa dalam mengembangkan daya fikir dan kreativitasnya, yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Reciprocal Teaching dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model Reciprocal Teaching terhadap kemampuan berfikir kritis matematika siswa SMA Negeri 1 Tanah Jambo Aye. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Pengambilan sampel secara purposive sampling pada sekolah SMA Negeri 1 Tanah Jambo Aye, sampel kelas yang terpilih adalah kelas XI IPA1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA2 sebagai kelas kontrol. Jumlah siswa pada kedua kelas tersebut adalah 27 untuk kelas eksperimen dan 25 untuk kelas kontrol. Instrumen penelitian dengan menggunakan tes kemampuan berfikir kritis matematika siswa. Uji statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif untuk menyajikan data dan statistik inferensial uji Student (uji-t). Sebelum uji-t digunakan terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dengan taraf signifikan 5%, Selanjutnya pada uji normalitas untuk hasil post-test menunjukkan bahwa kelas eksperimen 2(0,95)(1)=3.84. Karena 2hitung < 2tabel, yaitu 0.7349< 3.84 yang berarti data kelas eksperimen berdistribusi normal, dan untuk kelas kontrol 2(0,95)(1) = 3.84. Karena 2hitung < 2tabel, yaitu 0.8814 < 3.84 yang berarti data kelas kontrol juga berdistribusi normal. Berdasarkan hasil analisis (uji-t) diperoleh hasil thitung = 3.78 sedangkan nilai ttabel = 1. 675, dengan demikian thitung > ttabel yaitu 3.78 > 1. 675 maka tolak H_o, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, terdapat perbedaan hasil belajar berfikir kritis Matematika siswa SMA Negeri 1 Tanah Jambo Aye melalui Model Reciprocal Teaching.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STUDENTS’ ACHIEVEMENTS ON THE USE OF RECIPROCAL TEACHING METHOD IN READING COMPREHENSION (A QUALITATIVE STUDY AT SMAN 6 BANDA ACEH) (Putri Ace Riaula Ramadhona, 2015)

KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI LINGKARAN DENGAN MODEL RECIPROCAL TEACHING DI SMP NEGERI 2 BANDA ACEH TAHUN 2016/2017 (Indri Lolita Sari, 2018)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHINGRNUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA RNMATA PELAJARAN FISIKA KELAS VIII3 MTSN RNBANDA ACEH (Siti Nurjihan, 2015)

PENGARUH MODEL RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI PERBANDINGANRNSISWA KELAS VII SMP NEGERI 8 BANDA ACEH (Nur Irsyadiyati, 2015)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP MATERI SISTEM GERAK MANUSIA PADA SISWA SMAN 1 BAITUSSALAM, ACEH BESAR (DESI ARI SANDI, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy