//

PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI ASPEK PENGETAHUAN RISIKO PADA SISTIM PERINGATAN DINI TSUNAMI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Wan Akmal Indrawan - Personal Name
SubjectTSUNAMIS
DISASTERS - SOCIAL SERVICES
WARNING SYSTEMS
Bahasa Indonesia
Fakultas Prog. Magister Ilmu Kebencanaan Unsyiah
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

Indonesia merupakan daerah rawan bencana tsunami, setidaknya ada 10 (sepuluh) kejadian tsunami yang terjadi dalam 2 (dua) dekade terakhir. Untuk meningkatkan kesiapsiagaan, Indonesia telah membangun Sistim Peringatan Dini (SPD). Namun kejadian false alarm 2007, tsunami Mentawai 2010 dan gempabumi Aceh April 2012 membuktikan masih banyak kendala dalam pelaksanaan SPD. UNISDR dan GTZ-IS telah mengembangkan checklist penilaian efektifitas SPD, akan tetapi untuk penilaian secara tepat dan berkala diperlukan instrumen uji efektivitas SPD. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen evaluasi efektivitas SPD tsunami pada aspek pengetahuan risiko serta melakukan evaluasi terhadap efektivitas SPD tsunami di Aceh, berbasis instrumen yang telah dikembangkan. Metode penelitian dilakukan melalui Research and Development yang terdiri dari dua tahapan yaitu: Pengembangan Instrumen Evaluasi dan Implementasi Instrumen Evaluasi. Lokasi penelitian dan uji coba instrumen dilakukan di Banda Aceh yang melibatkan institusi pemerintah, non pemerintah, masyarakat dan lembaga terkait lainnya. Penelitian ini menghasilkan instrumen uji efektivitas aspek pengetahuan risiko pada SPD tsunami Aceh yang terdiri dari 3 (tiga) bagian, yaitu: input data, penilaian, dan form pelaporan. Dari hasil evaluasi menggunakan instrumen tersebut, aspek pengetahuan risiko berada pada Level 4, yaitu capaian cukup berarti telah diperoleh, namun diakui ada keterbatasan dalam komitmen, sumberdaya finansial, dan kapasitas operasional. Untuk itu diperlukan upaya-upaya untuk membangun komitmen dan mekanisme koordinasi yang efektif serta berkelanjutan antar setiap lembaga sehingga dapat meningkatkan efektivitas SPD tsunami di Aceh. Kata kunci: SPD, tsunami, efektivitas, instrumen evaluasi, pengetahuan risiko

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI EFEKTIVITAS SISTEM PERINGATAN DINI TSUNAMI PADA ASPEK ISU LINTAS SEKTOR (Fuady, 2016)

PERUBAHAN SOSIAL MASYARAKAT KOTA BANDA ACEH DALAM MITIGASI BENCANA: PELAJARAN SOSIAL DARI BENCANA TSUNAMI (Putra Rizki Youlan Radhianto, 2017)

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINGKAT KESIAPSIAGAAN PERAWAT PADA PUSKESMAS YANG BERISIKO TERHADAP BENCANA TSUNAMI DI BANDA ACEH (INTAN MASLIDA, 2016)

PERSEPSI PEROKOK AKTIF TERHADAP LABEL PERINGATAN BAHAYA MEROKOK (STUDI PADA MASYARAKAT KEC. TIMANG GAJAH, KAB. BENER MERIAH) (Mayawi, 2019)

ANALISA PAPARAN SUARA SIRENE TSUNAMI DI BLANG OI KECAMATAN MEURAXA BANDA ACEH (Rizal Syahputra, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy