//

BENTUK PENYAJIAN RAPA’I TUHA DI DESA UJONG FATIHAH KABUPATEN NAGAN RAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang IRFA AZIZAH - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini berjudul “Bentuk Penyajian Rapa’i Tuha di Gampong Ujong Fatihah Kabupaten Nagan Raya”. Mengangkat masalah tentang bagaimana bentuk penyajian Rapa’i Tuha. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk penyajian Rapa’i Tuha di Gampong Ujong Fatihah Kabupaten Nagan Raya. data dan lokasi dalam penelitian ini adalah tokoh seni Rapa’i Tuha (M.Dan). Pemain sekaligus Khalifah Rapa’i Tuha di Group Tuah Nagan, dan ketua kesenian di Dispora, beserta (Syeh Ramadhi). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data dengan mereduksi, display dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Rapa’i Tuha merupakan hasil dari garapan ”Syeh Abdul Kadir Jailani” dan dikembangkan oleh masyarakat Aceh, yaitu di Nagan Raya, Aceh Barat, Aceh Selatan. Rapa’i tuha ditarikan oleh 8-12 orang laki-laki (jumlah pemain bisa berkurang namun harus dengan jumlah genap), yang dilengkapi dengan properti, penyajian Rapa’i Tuha ini ada 8 urutan yaitu: Seulaweut, Peh Ngadap, Asalamualaikom, Peh Bahri Bismillah, Peh Tren Rapa’i katren, Peh Hula-ila Haillallah, Debus, dan Doa sebagai penutup. Rapa’i Tuha diiringi oleh alat musik Rapa’i. Rapa’i Tuha ini bertempo lambat, sedang dan cepat. Di dalam syair Rapa’i Tuha, banyak yang mengandung shalawat kepada Nabi dan Keesaan Allah.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENYAJIAN RAPA’I SAMAN DI SANGGAR TANGLOENG DONYA DESA IE BEUDOH KECAMATAN SEUNAGAN TIMUR KABUPATEN NAGAN RAYA (Cut Masyitah, 2019)

POLA RITME RAPA’I HAJAT DI SANGGAR RAPA’I TUHA DESA LAMREUNG, ACEH BESAR (Reza Falevi, 2017)

ANALISIS PENDAPATAN USAHATANI KACANG TANAH DI KECAMATAN KUALA KABUPATEN NAGAN RAYA (Tuti Hajani, 2020)

BENTUK PENYAJIAN RAPA’I RATEB DI SANGGAR AWAK AWAI DESA GLA MEUNASAH BARO (SEPTIAR NANDA, 2015)

BENTUK PENYAJIAN RAPA-I PULOET GEURIMPHENG DI DESA DAYAH BAROE KECAMATAN PEUSANGAN SIBLAH KRUENG KABUPATEN BIREUEN (Syarifah Nadia, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy