//

MANAJEMEN PEMBELAJARAN MELALUI PENDEKATAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 MESJID RAYA ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang CUT MUTIA - Personal Name
SubjectLEARNING
CURRICULUM
Bahasa Indonesia
Fakultas Prog. Pascasarjana
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

MANAJEMEN PEMBELAJARAN MELALUI PENDEKATAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 MESJID RAYA ACEH BESAR Oleh : Cut Mutia NIM : 1009200050006 Komisi Pembimbing: 1. Prof. Dr. Cut Zahri Harun, M. Pd 2. Dr. Nasir Usman, M. Pd ABSTRAK KTSP merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai acuan dalam penyelenggaraan proses pembelajaran agar tercapai tujuan tertentu. Adapun prestasi belajar adalah penguasaan pengetahuan atau keterampilan yang dikembangkan dalam mata pelajaran, lazimnya ditunjukkan dengan nilai tes atau angka yang diberikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian KTSP dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Mesjid Raya Aceh Besar. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Prosedur analisis data adalah reduksi data, display data, dan verifikasi. Sedangkan subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan manajemen pembelajaran dilakukan oleh guru-guru dengan mempersiapkan sejumlah kebutuhan peserta didik dengan memperhatikan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni secara menyeluruh dan berkesinambungan; (2) Pelaksanaan manajemen pembelajaran dilakukan dengan merumuskan tujuan mata pelajaran yang akan diajarkan, menetapkan standar kompetensi, merumuskan kompetensi dasar, menentukan materi ajar dalam bentuk pokok bahasan dan sub pokok bahasan, strategi belajar mengajar, media pembelajaran, kegiatan pembelajaran, tehnik evaluasi, alokasi waktu, dan sumber belajar; dan (3) Penilaian manajemen pembelajaran dilakukan melalui kegiatan evaluasi terhadap penguasaan materi pembelajaran pada setiap awal pertemuan yang bertujuan untuk mengetahui pemahaman dan wawasan siswa/i terhadap materi yang sedang dan sudah disampaikan, selanjutnya disesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran. Kata kunci: Manajemen Pembelajaran, KTSP, dan Prestasi Belajar.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN TWO STAY TWO STRAY PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 MESJID RAYA ACEH BESAR (MARZIA, 2019)

HUBUNGAN MINAT BELAJAR SISWA DAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MESJID RAYA (Ayu Safitri, 2019)

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI K-12 BASIC EDUCATION CURRICULUM DI CBSUA-LAB HIGH, PHILIPPINES (Nadiatun Firda, 2020)

MODEL PEMBELAJARAN PADA MATERI BATIK UNTUK SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 MESJID RAYA (Fatimah, 2019)

PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SDN 56 BANDA ACEH (Elly Fitria, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy