//

PENERAPAN PENDEKATAN INQUIRY DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMPN 1 INGIN JAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RAHMAWATI - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
STUDENTS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Pendekatan inkuiri merupakan pendekatan yang berusaha meletakkan dasar dan mengembangkan cara berpikir ilmiah, yang menempatkan siswa lebih banyak belajar sendiri mengembangkan kreatifitas dan memecahkan masalah. Dibantu oleh model pembelajaran berdasarkan masalah yang merupakan suatu model yang mengkaji masalah yang berkaitan dengan dunia nyata kepada siswa untuk dipecahkan melalui kerja sama kelompok dengan langkah-langkah tertentu yang bertujuan membantu siswa mengembangkan ketrampilan berpikir dan ketrampilan pemecahan masalah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan pendekatan inkuiri dengan model pembelajaran berdasarkan masalah pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII1 SMP N 1 Ingin Jaya. penelitian ini bertujuan (1) Peningkatan hasil belajar siswa (2) Keterampilan guru dalam pengelolaan pembelajaran. (3) Aktivitas guru dan siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII1 yang berjumlah 18 orang sedangkan objeknya adalah hasil belajar siswa kelas VII1 melalui Pendekatan Inkuiri dengan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah dengan tema Zat dan Wujudnya. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa, lembar pengamatan pengelolaaan pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Penerapkan pendekatan inkuiri dengan model pembelajaran berdasarkan masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa baik secara individual maupun secara klasikal pada materi Zat dan Wujudnya. (2) Aktivitas guru dan siswa dalam penggunaan Pendekatan Inkuiri dengan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah telah meningkat, diantaranya aktivitas siswa dalam bekerja sama dalam melakukan diskusi. Serta keberanian siswa dalam bertanya dan mempersentasikan hasil diskusi. (1) Pengelolaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru juga terlihat peningkatan yaitu pada siklus I 3,09 siklus II 3,35 dan siklus III 3,61. Sehingga tehnik pembelajaran ini dapat dilaksanakan untuk pembelajaran dimasa yang akan datang. Kata Kunci : Pendektan Inkuiri, Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah, Hasil Belajar

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BASED LEARNING PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 DARUL IMARAH (Widia Merjia Rova, 2016)

PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING PADA PEMBELAJARAN PERSAMAAN KUADRAT DI KELAS VIII SMPN 9 BANDA ACEH PEMBELAJARAN PERSAMAAN KUADRAT DI KELAS VIII SMPN 9 BANDA ACEH (Khana Silva Rezeka Hasan, 2016)

PENGGUNAAN METODE WHEEL OF FORTUNE DALAM MENYIMPULKAN MAKNA PUISI OLEH SISWA KELAS VIII SMPN 3 INGIN JAYA (RAUDHATUL FITRI, 2018)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING RN TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN SIKAP ILMIAHRN SISWA PADA MATERI FOTOSINTESIS DI SMP RN NEGERI 8 BANDA ACEH (Nursafiah, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHINGRNUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA RNMATA PELAJARAN FISIKA KELAS VIII3 MTSN RNBANDA ACEH (Siti Nurjihan, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy