//

PENGARUH MINUMAN KOPI ULEE KARENG TERHADAP PERUBAHAN WARNA RESIN KOMPOSIT NANOPARTIKEL DENGAN PEMOLESAN SEGERA DAN DITUNDA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RIA YULIANI - Personal Name
SubjectDENTISTRY-COMPOSITE RESIN
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran Gigi
Tahun Terbit 2012

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nama : Ria Yuliani Program Studi : Kedokteran Gigi Judul : Pengaruh Minuman Kopi Ulee Kareng Terhadap Perubahan Warna Resin Komposit Nanopartikel Dengan Pemolesan Segera dan Ditunda. Waktu pemolesan dapat mempengaruhi sifat fisik seperti kekasaran dan kekerasan dari resin komposit. Hal tersebut diduga dapat mempengaruhi penyerapan air oleh matriks resin dan dapat menyebabkan terlepasnya filler resin komposit sehingga dapat mempengaruhi perubahan warna. Hasil penelitian sebelumnya menunjukkan perendaman resin komposit dalam minuman kopi Ulee Kareng dapat mempengaruhi perubahan warna resin komposit nanopartikel.1 Penelitian ini merupakan eksperimental laboratoris bertujuan untuk mengetahui pengaruh minuman kopi Ulee Kareng terhadap perubahan warna resin komposit nanopartikel dengan pemolesan segera dan ditunda. Dua puluh spesimen yang dibagi dalam 2 kelompok yaitu kelompok pemolesan segera setelah 10 menit dan pemolesan yang ditunda sampai 24 jam (n=10). Pemolesan dilakukan menggunakan Enhance (alumunium oxide) dengan low speed handpiece berkecepatan 15,000 rpm selama 15 detik. Setiap spesimen direndam dalam 5 ml minuman kopi Ulee Kareng selama 5 hari yang setiap hari diganti minuman kopinya. Pengukuran warna sebelum dan setelah perendaman diukur menggunakan shade guide yang diamati oleh 5 orang pengamat. Hasil penelitian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Secara kualitatif, terjadi perubahan warna yang bervariasi pada pemolesan segera setelah 10 menit dan pemolesan yang ditunda sampai 24 jam. Analisis secara kuantitatif dilakukan dengan menggunakan uji parametrik t berpasangan dan tidak berpasangan. Uji t berpasangan menunjukkan perubahan warna yang signifikan antara sebelum dan setelah perendaman dalam minuman kopi Ulee Kareng dengan pemolesan segera setelah 10 menit (p

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH MINUMAN BERKARBONASI TERHADAP PERUBAHAN WARNA RESIN KOMPOSIT NANOPARTIKEL (PUTRI RAMDHANI, 2015)

PENGARUH WAKTU PEMOLESAN TERHADAP PERUBAHAN WARNA RESIN KOMPOSIT NANO PARTIKEL SETELAH PERENDAMAN DALAM LARUTAN OBAT KUMUR (CUT ZARATUL MALIYATI, 2016)

PERBANDINGAN STABILITAS WARNA BASIS GIGI TIRUAN RESIN AKRILIK HEAT CURED DAN TERMOPLASTIK NILON SETELAH PERENDAMAN DALAM MINUMAN KOPI ULEE KARENG (deri juanda, 2015)

PENGARUH TEKNIK PEMOLESAN SATU LANGKAH DAN BEBERAPA LANGKAH TERHADAP KEKASARAN PERMUKAAN RESIN KOMPOSIT NANOPARTIKEL (Widyarti Mahriza, 2015)

PENGARUH PEMOLESAN TERHADAP KEKASARAN PERMUKAAN RESIN KOMPOSIT MIKROHIBRID DAN NANOFILLER (Rika Mulya , 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy