//

STUDI MODEL FISIK GROIN BERPORI TIPE GERIGI YANG DISUSUN SERI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang EKA HENDRA IRAWAN - Personal Name
SubjectEROSION - ENGINEERING
COASTAL- ENGINEERING
Bahasa Indonesia
Fakultas Prog. Studi Megister Teknik Sipil
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

Perlindungan alami mulai terancam keberadaannya disebabkan banyak faktor. Upaya perlindungan pantai dibutuhkan terhadap perubahan profil pantai diantaranya mengurangi energi gelombang, melindungi pantai buatan, dan mengubah laju transpor sedimen dari ancaman erosi. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat perubahan profil pantai karena adanya groin berpori tipe zigzag dengan 3 (tiga) variasi sudut perletakan groin yaitu 1 = 45o, 2 = 67,5o dan 3 = 90o. Posisi ujung groin pada gelombang pecah (breaker zone) yang membentuk hubungan ketinggian akresi serta kedalaman erosi untuk mendapatkan sudut penempatan groin yang paling efektif dalam menahan transpor sedimen sejajar pantai (longshore sediment transport). Model groin yang digunakan memilki porositas 47 % dan sudut sudut arah gelombang 11.31o. Penelitian ini menggunakan model tak distorsi dengan skala model adalah 1:20. Kemiringan pantai ditetapkan 1:20 dengan kedalaman air di kolam adalah 30 cm. Model pemecah gelombang terdiri dari kubus berpori berukuran 10 cm x 10 cm x 10 cm di rangkai zigzag dan reguler. Gelombang dibangkitkan dengan alat pembangkit gelombang (wave maker) selama 30 menit pada tiga variasi tinggi gelombang yaitu H1T1 (9 cm; 1,28 dt), H2T2 (6 cm; 1,49 dt) dan H3T3 (3 cm; 1,67 dt) dimana H dan T adalah tinggi gelombang dan periode gelombang. Hasil yang didapat dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan groin dengan sudut yang berbeda, memberikan pengaruh terhadap perubahan profil pantai. Volume total angkutan sedimen selama gelombang berlangsung dengan semua kondisi didapat semua volume total terbesar terjadi pada sudut perletakan 45o. Sehingga groin berpori tipe zig-zag dengan sudut 45o penempatan lebih efektif dalam menahan sedimen onshore offshore.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

INVESTIGASI PERUBAHAN GARIS PANTAI NEUHEUN AKIBAT PENGARUH PEMASANGAN GROPOZAK (GROYN ZIG-ZAG POROSITY) (SOFYAN ANDRE, 2021)

PENERAPAN VALUE ENGINEERINGRNRNPADA PEKERJAAN BANGU NAN BAWAHRNRNPENGGANDAAN JEMBATAN LAMNYONG BANDA ACEH (JOHNNERI FERDIAN, 2015)

SOLUSI ANALITIK MODEL PERUBAHAN GARIS PANTAI MENGGUNAKAN TRANSFORMASI LAPLACE (Okvita Maufiza, 2014)

ALAT PENUNJANG KOMUNIKASI DENGAN KONSEP DATA GLOVE UNTUK PENYANDANG TUNARUNGU DAN TUNAWICARA DENGAN METODE KANSEI ENGINEERING (MUNA ADILAH, 2017)

PEMBUATAN DAN KARAKTERISASI PELET DARI KOMPOSIT BENTONIT-KITOSAN-SULFUR-NA2S (SARAHATUN NISAK, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy