//

PERKEMBANGAN SANGGAR LEMPIA DI BANDA ACEH (1985-2015)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ERNAWATI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian yang berjudul"PERKEMBANGAN SANGGAR LEMPIA DI BANDA ACEH (1985-2015)" ini mengangkat masalah tentang perkembangan sanggar di Banda Aceh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana sejarah berdirinya Sanggar Lempia dan kendala-kendala dalam perkembangan Sanggar Lempia. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sedangkan jenis peneliltian ialah peneitian sejarah. Cara pengumpulan data dengan mengumpulkan dokumen tentang perkembangan Sanggar Lempia dan wawancara dengan anggota sanggar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa awal berdirinya Sanggar Lempia pemilik sanggar mendirikan Sanggar Lempia karena memiliki jiwa seni sejak kecil. Perkembangan Sanggar Lempia mengalami kemajuan awal berdirinya anggota sanggar hanya 12 orang dan sekarang mencapai 42 orang dan telah banyak yang mengenal Sanggar Lempia baik di daerah Aceh, luar Aceh dan luar negeri. Kendala-kendala dalam perkembangan Sanggar Lempia yang pertama adanya konflik TNI (Tentara Nasional Indonesia) dan GAM (Gerakan Aceh Merdeka) pemilik sanggar dituduh mengumpulkan anak-anak muda untuk memberontak, sehingga mengakibatkan pemilik sanggar sulit untuk mengembangkan seni pada saat itu. Terjadinya peristiwa pada tahun 2004 yaitu peristiwa tsunami yang membuat sebahagian anggota dari Sanggar Lempia menghilang.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBEDAAN MUSIK IRINGAN TARI MEUSARE-SARE DI SANGGAR LEMPIA DAN SANGGAR NURUL ALAM BANDA ACEH (IKHSAN, 2014)

ANALISIS POLA LANTAI TARI KREASI SEUDATI INONG DI SANGGAR LEMPIA BANDA ACEH (Meipur Yanti, 2016)

PERKEMBANGAN TARI RATEB MEUSEUKAT TUNANG DI KABUPATEN ACEH BARAT DAYA (INDAH SHASQIAH PUTRI SALWA, 2021)

PEMBELAJARAN TARI TRADISIONAL ACEH PADA SANGGAR DI KOTA BANDA ACEH (INTAN, 2017)

PERANAN SANGGAR PUTROE JEUMPA KEUBIRU DALAM MELESTARIKAN TARI PHO DI DESA BLANG KUALA KECAMATAN MEUKEK ACEH SELATAN (Mizanul Fhata, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy