//

PENGARUH KOMPETENSI KONTRAKTOR TERHADAP KINERJA PELAKSANAAN PROYEK INFRASTRUKTUR JALAN DI PROVINSI ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ifanda - Personal Name
SubjectPROJECT MANAGEMENT
CONTRACTORS (BULLDERS)
Bahasa Indonesia
Fakultas Prog. Studi Magister Teknik Sipil
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

Sejalan dengan meningkatnya persaingan, maka menuntut pelaku usaha jasa konstruksi di Provinsi Aceh untuk selalu meningkatkan kompetensinya yang sangat berpengaruh dengan kinerjanya. Penelitian ini diarahkan untuk menganalisis dan menilai yang mempengaruhi kompetensi kontraktor terhadap kinerja pelaksanaan proyek infrastruktur jalan di Provinsi Aceh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan faktor dominan yang mempengaruhi kompetensi kontraktor terhadap kinerja pelaksanaan proyek infrastruktur jalan di Provinsi Aceh. Ruang lingkup penelitian ini dibatasi pada perusahaan pengusaha konstruksi dengan kualifikasi perusahaan mulai dari K1, K2, K3, M1, dan M2, di Provinsi Aceh. Dari kualifikasi perusahaan tersebut, populasinya didapat sebanyak 711 kontraktor dan sampel yang diambil dalam penelitian ini sebesar 10%, yaitu sebanyak 72 kontraktor sebagai responden. Selanjutnya data hasil kuisioner tersebut diolah dengan menggunakan program SPSS versi 21, yang meliputi analisis deskriptif, analisis reliabilitas, analisis korelasi, dan analisis regresi linear berganda. Analisis deskriptif, menunjukkan dari semua variabel faktor-faktor yang mempengaruhi kompetensi kontraktor terhadap kinerja pelaksanaan proyek infrastruktur jalan di Provinsi Aceh, maka berdasarkan dari persepsi kontraktor variabel faktor politik sangat ingin untuk diperhatikan dengan nilai rata-rata sebesar 4,620. Analisis reliabilitas, menunjukkan bahwa semua instrumen penelitian adalah reliabel. Analisis korelasi, menunjukkan bahwa faktor sumber daya manusia mempunyai hubungan yang sangat tinggi terhadap kinerja pelaksanaan proyek infrastruktur jalan di Provinsi Aceh dengan nilai korelasi sebesar 0,987. Analisis regresi linear berganda, menunjukkan bahwa faktor dominan yang mempengaruhi kompetensi kontraktor terhadap kinerja pelaksanaan proyek infrastruktur jalan di Provinsi Aceh, dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,893 dan tingkat signifikannya 0,00. Dengan ini persentase besarnya pengaruh variabel faktor keuangan, faktor sumber daya manusia, faktor peralatan, faktor material, faktor metode kerja, faktor politik, dan faktor kepemilikan terhadap Kinerja pelaksanaan proyek infrastruktur jalan adalah sebesar 98,70%. Sedangkan sisanya sebesar 1,30% belum dapat dijelaskan oleh variabel-variabel bebas tersebut. Kata Kunci : Kompetensi, kinerja, infrastruktur jalan

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

FAKTOR – FAKTOR RISIKO YANG MEMPENGARUHI KINERJA KONTRAKTOR PADA PELAKSANAAN PROYEK INFRASTRUKTUR DI KABUPATEN ACEH JAYA (azhari, 2014)

PENGARUH KUALIFIKASI KONTRAKTOR TERHADAP KUALITAS PROYEK KONSTRUKSI JALAN DI KOTA BANDA ACEH (ZUHRI, 2018)

ANALISIS PENGARUH FAKTOR-FAKTOR KOMPETENSI PROJECT MANAGER TERHADAP KEBERHASILAN PROYEK KONSTRUKSI SUNGAI PADA DINAS PENGAIRAN ACEH (Safrial, 2016)

ANALISA FAKTOR-FAKTOR YANG BERKONTRIBUSI TERHADAP KINERJA RENDAH PELAKSANAAN PROYEK KONSTRUKSI JALAN DI KABUPATEN ACEH JAYA (FERDI HANDAYA, 2014)

PENGARUH FAKTOR-FAKTOR RISIKO WAKTU TERHADAP BIAYA PELAKSANAAN PROYEK KONSTRUKSI GEDUNG DI PROVINSI ACEH (MUHAMMAD TAUFIK, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy