HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM KELUARGA DENGAN MOTIF SOSIAL ANAK DI KECAMATAN TIMANG GAJAH BENER MERIAH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM KELUARGA DENGAN MOTIF SOSIAL ANAK DI KECAMATAN TIMANG GAJAH BENER MERIAH


Pengarang

sasmika dewi - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1006104060060

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2015

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kata kunci: Hubungan, Komunikasi Interpersonal dalam Keluarga, Motif Sosial Anak

Penelitian yang berjudul “Hubungan Komunikasi Interpersonal dalam Keluarga dengan Motif Sosial Anak di Kecamatan Timang Gajah Bener Meriah” ini bertujuan untuk mengetahui gambaran komunikasi interpersonal dalam keluarga dan motif sosial anak, mengetahui hubungan antara komunikasi interpersonal dalam keluarga dengan motif sosial anak serta mengetahui hubungan antara komunikasi interpersonal dalam keluarga dengan motif berprestasi, motif berafiliasi dan motif berkuasa pada anak di Kecamatan Timang Gajah Bener Meriah. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh remaja dari empat desa di Kecamatan Timang Gajah sebanyak 110 orang. Pengambilan sampel penelitian dilakukan menggunakan teknik random sampling dengan jumlah remaja sebanyak 52 orang. Pengumpulan data pada penelitian kuantitatif menggunakan metode angket dengan skala 1-4. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa gambaran komunikasi interpersonal dalam keluarga cenderung memiliki tingkat yang tinggi dengan persentase sebesar 65%. Sementara gambaran motif sosial anak tergolong pada kategori tinggi juga dengan persentase sebesar 63%. Hasil penelitian dan pengukuran hipotesis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara komunikasi interpersonal dalam keluarga dengan motif sosial anak di Kecamatan Timang Gajah Bener Meriah pada taraf signifikansi 0,05, sehingga hipotesis (Ha) dapat diterima kebenarannya. Artinya, komunikasi interpersonal mempunyai hubungan yang signifikan dengan sub-sub variabel motif sosial. Dengan demikian, semakin baik komunikasi interpersonal dalam keluarga semakin baik pula motif sosial, seperti motif berprestasi, motif berafiliasi dan motif berkuasa pada anak di Kecamatan Timang Gajah. Oleh karena itu, diharapkan kepada orang tua untuk membangun komunikasi interpersonal yang lebih harmonis untuk meningkatkan motif sosial yang positif pada anak.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK