//

PENERAPAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING PADA MATERI HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 7 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mulia Riska Nandawati - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
STUDENTS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

Telah dilakukan penelitian tentang penerapan model CPS yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar, aktivitas, dan tanggapan peserta didik pada materi hukum-hukum dasar kimia di SMA Negeri 7 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas X MIA 1 yang berjumlah 32 orang peserta didik, terdiri dari 11 orang peserta didik laki-laki dan 21 orang peserta didik perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui post test, lembar observasi keterampilan, sikap, aktivitas, dan angket tanggapan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek pengetahuan hasil belajar yang diperoleh yaitu sebesar 87,5% termasuk dalam kategori sangat baik. Pada aspek keterampilan diperoleh sebesar 90,63% termasuk dalam kategori sangat baik, dan pada aspek sikap diperoleh sebesar 83,27%. Aktivitas peserta didik dengan menggunakan model CPS pada pertemuan pertama yaitu 79,09%, pada pertemuan kedua 86,82% terjadi peningkatan sebanyak 7,73%. Tanggapan peserta didik terhadap model CPS pada materi hukum-hukum dasar kimia diperoleh 85,27% peserta didik yang memberi tanggapan positif dan 14,73% peserta didik yang memberikan tanggapan negatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik dan aktivitas peserta didik mengalami peningkatan dengan penerapan model CPS, dan peserta didik juga memberikan tanggapan yang positif terhadap penerapan model CPS.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGGUNAAN MEDIA LABORATORIUM VIRTUAL DENGAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BENTUK MOLEKUL DI KELAS X MAN 3 BANDA ACEH (Wiwik Fatmala, 2019)

PENERAPAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING PADA MATERI HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 7 BANDA ACEH (Mulia Riska Nandawati, 2015)

PENGARUH PENGGUNAAN E-BOOK SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA DI KELAS X MIA SMAN 1 KRUENG BARONA JAYA (MUZAIMAH, 2019)

MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING PADA MATERI LINGKARAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANDA ACEH (MUHAMMAD ERFANSYAH, 2016)

PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MELALUI HANDS ON PROBLEM SOLVING PADA MATERI KUBUS DAN BALOK KELAS VIII SMP NEGERI 10 BANDA CAEH (Annisa Mustika, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy