//

PERKEMBANGAN PONDOK PESANTREN DARUL MUTA’ALLIMIN KECAMATAN GUNUNG MERIAH KABUPATEN ACEH SINGKIL TAHUN 1962-2014

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang KASMAR - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : Pondok, Pesantren Penelitian ini berjudul “Perkembangan Pondok Pesantren Darul Muta`allimin Tahun 1962-2014”. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tentang perkembangan Pondok Pesantren Darul Muta’allimin tahun 1962-2014, dan untuk menganalisis tentang pengaruh Pondok Pesantren Darul Muta’allimin terhadap perkembangan pendidikan Agama Islam di Kecamatan Gunung Meriah, Kabupaten Aceh Singkil. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode historis. Untuk memperoleh data yang diperlukan, peneliti menggunakan library research (penelitian kepustakaan) dan field research (penelitian lapangan) yaitu: observasi dan wawancara mendalam. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa Pondok Pesantren Darul Muta`alimin merupakan salah satu pesantren yang ada di daerah Tanah Merah Kecamatan Gunung Meriah Kabupaten Aceh Singkil. Pondok Pesantren Darul Muta`alimin dibangun pada tanggal 6 September 1962 oleh Syeikh Haji Bahauddin. Semangat Syeikh Haji Bahauddin untuk membangun lembaga pendidikan Islam sudah tumbuh ketika beliau masih belajar di Pesantren Darussalam Labuhan Haji, karena kuatnya dorongan semangat itu, maka pada tahun 1953 ketika masih di Labuhan Haji beliau sempatkan untuk membangun madrasah kecil di Kuta Niur di kawasan Seping. Namun madrasah tersebut hanya berumur tiga tahun disebabkan lokasinya diterjang banjir. Melihat kenyataan tersebut, Syeikh Haji Bahauddin memindahkan madrasah ke tempat yang lebih aman dan tidak ada penghuninya letaknya agak sedikit ke hulu dari Kampung Seping. Di tempat yang baru tersebut mereka mulai membangun lembaga pendidikan Islam bukan lagi berbentuk madrasah biasa tapi langsung pesantren. Pengaruh Pondok Pesantren Darul Muta`allimin terhadap pendidikan di Aceh Singkil adalah alumni-alumninya membangun lembaga pendidikan Islam di daerah Aceh Singkil.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERKEMBANGAN PESANTREN BABUSSALAM BATU KORONG KECAMATAN SIMPANG KANANKABUPATEN ACEH SINGKIL, 1986-2014 (Amirul, 2015)

IDENTIFIKASI PERMASALAHAN SANTRI PONDOK PESANTREN DARUL ULUM KOMPLEK YPUI KAMPUNG KEURAMAT KECAMATAN KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH (EKA MAY SARI, 2018)

PERKEMBANGAN TRADISI BERSEBUKU DALAM PERKAWINANRNMASYARAKAT GAYO DI DESA DARUL AMAN KECAMATAN PERMATARNKABUPATEN BENER MERIAH, 1979-2014 (WAHUSNA ARUNI, 2015)

HUBUNGA RINITIS ALERGI DENGAN DEPRESI PADA SISWA PONDOK PESANTREN DARUL ULUM BANDA ACEH (ALYA NADIRA, 2021)

WACANA PEMEKARAN DAERAH DI KABUPATEN ACEH SINGKIL ( STUDY KASUS PEMBENTUKAN KABUPATEN SINGKIL RAYA ) (RAHMAT HIDAYAT MUNANDAR, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy