//

GAMBARAN KASUS DEVIASI MANDIBULA PADA SISWA SMAN 2 MODAL BANGSA ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang PHONNA CHLISSMA PUTRA - Personal Name
SubjectTEMPOROMANDIBULAR JOINT DYSFUNTION
REGIONAL MEDICINE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran Gigi
Tahun Terbit 2012

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nama : Phonna Chlissma Putra Program Studi : Kedokteran Gigi Judul : Gambaran Deviasi Mandibula Pada Siswa SMAN 2 Modal Bangsa Aceh Besar. Deviasi mandibula diartikan sebagai penyimpangan pergerakan mandibula saat pembukaan rahang. Deviasi mandibula dapat dilihat dengan adanya ketidakharmonisan garis tengah saat membuka dan menutup mulut., sebagian besar disebabkan oleh kebiasaan parafungsional, mengunyah satu sisi, maloklusi dan trauma. Deviasi mandibula disebabkan oleh perubahan bentuk pada permukaan artikular. Biasanya deviasi dapat terjadi pada kondil, fosa dan diskus. Hampir semua deviasi mandibula menyebabkan disfungsi yang mempunyai pola pergerakan khusus. Disfungsi ini dapat diamati dengan pembukaan rahang secara berulang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran deviasi mandibula pada siswa SMAN 2 Modal Bangsa Aceh Besar. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitik. Subjek penelitin terdiri dari seluruh siswa SMAN 2 Modal Bangsa Aceh Besar yang sesuai dengan kriteria inklusi. Subjek diberikan kuesioner dan dilakukan wawancara, screening serta pemeriksaan klinis berupa melihat gambaran pergerakan mandibula. Hasil penelitian didapatkan jumlah siswa yang mengalami deviasi mandibula adalah 42 orang dari total 270 siswa di SMAN 2 Modal Bangsa Aceh Besar. penyebab deviasi mandibula dari 42 orang siswa yang mengalami deviasi berupa kebiasaan parafungsional sebanyak 38 kasus, mengunyah satu sisi sebanyak 17 kasus, trauma sebanya 22 kasus dan maloklusi sebanyak 19 kasus. Siswa laki-laki SMAN 2 Modal Bangsa Aceh Besar lebih banyak yang mengalami deviasi mandibula dibandingkan perempuan sebesar 23 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Hasil penelitian berdasarkan umur didapatkan siswa yang berumur 16 tahun yang menglami deviasi mandibula sebanyak 18 siswa, umur 17 tahun sebanyak 15 siswa dan umur 10 siswa. Kata Kunci : deviasi mandibula, disharmoni oklusi,

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SMAN MODAL BANGSA DAN SMA LABORATORIUM UNSYIAH (EKA MAWARNI, 2016)

GAMBARAN KASUS DEVIASI MANDIBULA PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI UNSYIAH ANGKATAN 2011-2015 YANG MEMILIKI AKTIVITAS PARAFUNGSI (BRUXISM) (Heri Gunawan, 2017)

PERBEDAAN PENYESUAIAN SOSIAL ANTARA SISWA KELAS AKSELERASI DENGAN SISWA KELAS REGULER DI SMAN MODAL BANGSA ACEH (DARA ANTIKA, 2020)

HUBUNGAN REGULASI DIRI DENGAN STRES PADA SISWA AKSELERASI DI SMAN 3 BANDA ACEH DAN SMAN MODAL BANGSA ACEH (T. Muhammad Yasir, 2014)

MOTIVASI ORANG TUA UNTUK PEMBINAAN ANAK PADA KLUB SEPAKBOLA TUNAS BANGSA DIKLAT SMA NEGERI 9 BANDA ACEH TAHUN 2014 (T.Ismoenandar, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy