//

RAGAM MOTIF KAIN ULOS BATAK DI DESA PAHLAWAN KABUPATEN ACEH TAMIANG

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Siti Hastina Udfa - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : Ragam motif, kain, ulos, Batak Penelitian ini berjudul “Ragam Motif Kain Ulos Batak di Desa Pahlawan Kabupaten Aceh Tamiang”. Rumusan penelitian ini adalah bagaimana ragam motif kain ulos Batak yang ada di masyarakat Desa Pahlawan Kabupaten Aceh Tamiang dan bagaimana fungsi kain ulos pada upacara adat masyarakat suku Batak di Desa Pahlawan Aceh Tamiang? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan ragam motif kain ulos Batak yang ada di masyarakat desa Pahlawan Kabupaten Aceh Tamiang dan fungsi kain ulos pada upacara adat masyarakat suku Batak di desa Pahlawan Kabupaten Aceh Tamiang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitiannya deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, display dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ragam motif kain ulos Batak di masyarakat Desa Pahlawan Kabupaten Aceh Tamiang yaitu manik-manik si mata rambu, lus-lus, pusuk robung, tutup mumbang, iran-iran, ruang, sijobang, singap, surat, bunga, jarak, jojak mata-mata, si jobang, tugu dan dalihan na tolu, yang terdapat pada kain Ulos Godang dan Ulos Parompa Sadum. Fungsi kain ulos pada upacara adat masyarakat suku Batak di Desa Pahlawan Aceh Tamiang yaitu digunakan pada pesta pernikahan, kelahiran anak, selamatan, sunatan rasul, menyambut para tamu atau undangan pejabat, acara wisuda, ulang tahun, peresmian acara tertentu, pembungkus jenazah dan digunakan pada kegiatan sehari-hari.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

RAGAM JENIS DAN FUNGSI KAIN TENUN ULOS BATAK TOBA DI DESA PINTU BATU KECAMATAN SILAEN KABUPATEN TOBA SAMOSIR (Tiurma, 2020)

TENUN SONGKET ACEH “NYAKMU” DI DESA SIEM KABUPATEN ACEH BESAR (Yasmin Afrilla Utami, 2019)

NILAI SIMBOLIS RAGAM HIAS PADA PAKAIAN PENGANTIN ACEH TAMIANG (Munawwarah, 2021)

RAGAM MOTIF RUMAH RONGKO DI DESA KOTO KLUET TENGAH ACEH SELATAN (Reviki Safwandi, 2020)

PENGARUH MOTIF JEPARA TERHADAP MOTIF ACEH PADA SENI UKIR KAYU DI PERABOT JEPARA DESA KAJHU ACEH BESAR (ASRIL AZIMI, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy