//

KAJIAN TUMBUHAN PANGI (PANGIUM EDULE REINW) SEBAGAI TANAMAN KONSERVASI PENGHASIL MINYAK ALTERNATIF PENGGANTI KELAPA SAWIT

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang YASSER PREMANA - Personal Name
SubjectPALM OIL
LAND CONSERVATION
Bahasa Indonesia
Fakultas Prog. Pascasarjana
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Konversi hutan menjadi perkebunan kelapa sawit merupakan upaya untuk meningkatkan perekonomian namun dikhawatirkan menimbulkan terjadinya berbagai bencana sebagai akibat dari kerusakan hutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tumbuhan pangi (Pangium edule Reinw) sebagai tanaman konservasi penghasil minyak alternatif pengganti kelapa sawit. Penelitian dilakukan di Kabupaten Aceh Jaya pada bulan April – September 2014, menggunakan metode deskriptif dengan jenis penelitian survai. Identifikasi sampel tumbuhan dilakukan untuk mengetahui karakteristik tumbuhan pangi serta dampak budidayanya. Analisis laboratorium dilakukan untuk mengetahui kualitas minyak pangi dan tanah tapak tumbuhnya. Pohon pangi memiliki karakteristik yang berbeda dengan kelapa sawit. Pohon pangi dapat tumbuh dengan baik bersama tegakan hutan lainnya. Berdasarkan hasil analisis laboratorium, kualitas minyak pangi memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI) untuk minyak goreng serta tanah tapak tumbuh pohon pangi memiliki tingkat kesuburan yang lebih baik dibandingkan dengan tapak tumbuh kelapa sawit. Budidaya tanaman pangi dapat dilakukan pada kawasan hutan yang tidak memungkinkan dikonversi menjadi perkebunan kelapa sawit karena pertimbangan deforestasi dan degradasi lahan, fragmentasi kawasan serta konflik antara satwa liar dengan manusia. Pohon pangi memiliki nilai ekonomi sebagai tanaman penghasil minyak dan kayu serta memilki nilai konservasi untuk menjaga kelestarian hutan sehingga layak dikembangkan sebagai tanaman alternatif pengganti kelapa sawit dalam upaya untuk mendukung pembangunan berkelanjutan di sektor kehutanan. Kata Kunci : Pohon pangi, minyak, kelapa sawit, konservasi lahan.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

LITERATURE REVIEW: KARAKTERISASI SIFAT MEKANIK NANOKRISTAL SELULOSA DARI LIMBAH KELAPA SAWIT DAN APLIKASI SEBAGAI FILLER PADA BIONANOKOMPOSIT (Dian Hermayanti, 2020)

ADSORPSI LIMBAH PABRIK MINYAK KELAPA SAWIT OLEH ADSORBEN KARBON: PENGARUH METODE AKTIVASI (SURIARAH, 2020)

PERANAN AREAL KONSERVASI SEBAGAI DAERAH PENYANGGA KEANEKARAGAMAN SERANGGA PADA PERKEBUNAN KELAPA SAWIT ORGANIK DI ALUE BILIE, KABUPATEN NAGAN RAYA (Heriadi Pranata. S, 2015)

MANAJEMEN TANAMAN ULANG KELAPA SAWIT (ELAEIS GUINEENSIS JACQ) TAHUN TANAM 2003 PADA AFDELING I PT. SEMADAM KABUPATEN ACEH TAMIANG (Riki Fahlefi, 2016)

KEANEKARAGAMAN JENIS PAKU EPIFIT DI PERKEBUNAN KELAPA SAWIT DESA BUKIT SELAMAT KECAMATAN SUNGAI RAYA KABUPATEN ACEH TIMUR (Febri Rizki, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy