//

PENGARUH PERINGATAN VISUAL PADA BUNGKUS ROKOK TERHADAP PERILAKU MEROKOK PADA SISWA SMA KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NOOR AZNIDAR ALDANI - Personal Name
SubjectSTRESS - PSYCHIATRY
SMOKING BEHAVIOR
Bahasa Indonesia
Fakultas Prog. Studi Megister Keperawatan
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

PROGRAM STUDI MAGISTER ILMU KEPERAWATAN PROGRAM PASCA SARJANA UNIVERSITAS SYIAH KUALA Tesis, Oktober 2015 Noor Aznidar Aldani 1309200180026 PENGARUH PERINGATAN VISUAL PADA BUNGKUS ROKOK TERHADAP PERILAKU MEROKOK PADA SISWA SMA KOTA BANDA ACEH V Bab + 56 Halaman + 16 Tabel + 3 Skema + 14 Lampiran ABSTRAK Saat ini peringatan visual produk tembakau merupakan sumber informasi kesehatan terkemuka dan memiliki posisi penting sebagai inisiatif pengendalian tembakau. Namun, sangat sedikit sekali diketahui tentang pengaruhnya terhadap perilaku merokok remaja. Oleh karena itu penulis meneliti pengaruh peringatan visual terhadap perilaku merokok remaja. Tujuan peneliti ini adalah untuk mengetahui pengaruh peringatan visual pada bungkus rokok terhadap perilaku merokok remaja. Populasi yang diikutsertakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/siswi kelas I dan II yang ada di salah satu Sekolah Menengah Atas Kota Banda Aceh, dengan sampel 433 siswa/i. Desain penelitian ini dalam bentuk survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Pengumpulan data dilakukan mulai tanggal 12 Agustus sampai dengan 20 Agustus 2015 dengan menggunakan kuisioner. Hasil penelitian didapatkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara ilustrasi gambar dengan perilaku merokok remaja P= 0,000; tidak terdapat hubungan antara tipografi dengan perilaku merokok remaja P= 0,182; terdapat hubungan yang signifikan antara warna dengan perilaku merokok remaja P= 0,005; tidak terdapat hubungan antara komposisi dengan perilaku merokok remaja P= 0,926; terdapat hubungan yang signifikan antara layout dengan perilaku merokok remaja P= 0,022. Variabel yang paling dominan berhubungan dengan perilaku merokok remaja adalah ilustrasi gambar P= 0,000 Odds Ratio 0,320. Peringatan visual pada bungkus rokok yang diperhatikan oleh mayoritas remaja dapat membantu untuk mengkomunikasikan resiko bahaya merokok yang memiliki potensi mengurangi kebiasaan merokok. Temuan menunjukkan bahwa pengenalan peringatan visual bahaya merokok dapat mengurangi perilaku merokok remaja. Kata Kunci : Peringatan Visual, Perilaku Merokok, Remaja

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PERINGATAN VISUAL PADA BUNGKUS ROKOK TERHADAP KEINGINAN BERHENTI MEROKOK PADA PEKERJA OJEK ONLINE DI KOTA BANDA ACEH (Rahmi Izzati, 2020)

HUBUNGAN TINGKAT STRES DENGAN PERILAKU MEROKOK PADA REMAJA LAKI-LAKI DI SMA NEGERI 5 KOTA BANDA ACEH (Eka Safitri , 2016)

PENGARUH PESAN PICTORIAL HEALTH WARNING PADA BUNGKUS ROKOK TENTANG BAHAYA MEROKOK TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU PEROKOK DI KOTA BANDA ACEH (HARISSIDQI SANI NASUTION, 2016)

HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PERILAKU MEROKOK DENGAN UPAYA BERHENTI MEROKOK DI WARUNG KOPI KOTA BANDA ACEH (MUHAMMAD FARIS ALFIANTO, 2019)

PERSEPSI PEROKOK AKTIF TERHADAP LABEL PERINGATAN BAHAYA MEROKOK (STUDI PADA MASYARAKAT KEC. TIMANG GAJAH, KAB. BENER MERIAH) (Mayawi, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy