//

RANCANGAN DAN ANALISIS DATA LOGGER MULTICHANNEL UNTUK MENENTUKAN PERFORMANSI PANEL SURYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad Rizal Fachri - Personal Name
SubjectSOLAR ENERGY-ENGINEERING
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Teknik Elektro Unsyiah
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

Data parameter panel surya sangat diperlukan untuk mengetahui performansi kerjanya, untuk itu diperlukan alat logging untuk dapat merekam secara terus-menerus kondisi panel surya seperti arus, tegangan dan daya, serta parameter udara seperti intensitas cahaya matahari, suhu udara, kecepatan angin dan arah angin. Tesis ini bertujuan merancang data logger multichannel yang dapat digunakan untuk merekam semua parameter yang tersebut diatas secara bersamaan. Data logger dirancang dengan sebuah mikroprosesor ATmega 328P yang dilengkapi dengan sensor-sensor seperti LDR untuk mendeteksi intensitas cahaya matahari, LM35 untuk mengukur suhu, anemometer digunakan untuk mengukur kecepatan angin dan juga dilengkapi dengan sensor arah angin. Untuk mengukur arus dan tegangan keluaran dari panel surya maka logger juga dilengkapi dengan ACS712 untuk sensor arus, dan sensor tegangan sehingga daya keluaran panel surya dapat ditentukan. Hasil pengukuran dari setiap sensor kemudian diproses dalam mikrokontroler dan hasilnya disimpan ke kartu memori. Semua sensor dikalibrasikan dengan alat ukur standar untuk menghasilkan pengukuran yang akurat. Prototipe data logger ini mengkonsumsi energi sebesar 30mA dengan catu daya baterai 12Ah yang dapat digunakan selama 16 hari secara terus-menerus. Untuk penghematan konsumsi energi lebih lanjut maka mode sleep diterapkan pada logger. Penerapan ini dapat mengurangi konsumsi energi dari 30mA saat aktif dan 21mA saat sleep, sehingga diperoleh penghematan energi sekitar 30%. Hasil kalibrasi sensor cahaya (LDR) menunjukan galat maksimum sekitar 25% dan memiliki galat rata-rata sebesar 9.80%. Sensor suhu (LM35) didapat galat maksimum sebesar 1.4 % dan galat rata-rata sebesar 1.2%. Sensor kecepatan angin (anemometer) memiliki galat maksimum sebesar 14.3% dan galat rata-rata sebesar 4.2%. Baling-baling arah angin merupakan penunjukan delapan arah mata angin seperti N, NE, E, SE, S, SW, W, NW. Sensor tegangan memiliki galat rata – rata sebesar 0.42%, hasil pengujian sensor arus (ACS712) galat rata-rata saat dibebani 10 ohm yaitu 2.12% dan saat dibebani 20 ohm memiliki galat rata-rata sebesar 7.86%. Meskipun kesalahan dalam pengukuran sensor tinggi logger masih kompatibel untuk aplikasi pengukuran manajemen kinerjanya. Kata Kunci: Data Logger, Radiasi Matahari, Multichannel, Panel surya, Atmega 328P.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

RANCANGAN DAN ANALISIS DATA LOGGER MULTICHANNEL UNTUK MENENTUKAN PERFORMANSI PANEL SURYA (Muhammad Rizal Fachri, 2015)

PERANCANGAN INSTALASI LISTRIK PADA LAMPU TAMAN YANG DI SUPLAI DARI SOLAR CELL FAKULTAS MIPA UNSYIAH DESIGN OF ELECTRIC INSTALLATION ON GARDEN LIGHTS SUPPLY FROM SOLAR CELL FACULTY OF UNSYIAH MIPA (NURMISWARI, 2018)

RANCANGAN SISTEM PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA UNTUK POMPA AIR IRIGASI (Mukhtar Riyandri Tarigan, 2019)

SISTEM DUAL TRACKING PANEL SURYA DENGAN MENGGUNAKAN PHOTOTRANSISTOR (MUJIBURRAHMAN, 2016)

ANALISIS OPTIMASI SISTEM PEMASANGAN SOLAR CELL SEBAGAI SUMBER DAYA PENERANGAN JALAN UMUM (PJU-TS) DI KOTA BANDA ACEH (Purnama Juanda, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy