//

KORELASI PENAMBAHAN BERAT BADAN DIANTARA DUA WAKTU HEMODIALISIS DENGAN PENINGKATAN TEKANAN DARAH SISTOLIK PADA PASIEN HEMODIALISIS KRONIK DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Putri Handayani - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Peningkatan tekanan darah dapat meningkatkan mortalitas pasien penyakit ginjal kronik yang menjalani hemodialisis (HD). Penambahan berat badan diantara dua waktu HD merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan tekanan darah pasien. Jenis penelitian ini adalah analitik dengan pendekatan desain cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah pasien yang menjalani HD seminggu 2 kali minimal selama 3 bulan diambil secara total sampling sebanyak 71 pasien. Data yang diambil adalah data berat badan dengan menggunakan timbangan kursi digital dan data tekanan darah dengan menggunakan Sphigmomanometer digital. Pengambilan data dilakukan setelah dan sebelum pasien menjalani hemodialisis. Pasien terdiri dari 50 pasien (70,4%) laki-laki dan 21 pasien (29,6%) adalah perempuan. Berdasarkan pengukuran berat badan seluruh sampel mengalami penambahan berat badan yang dibagi kedalam 3 kategori yaitu kategori 1,2,3. Berdasarkan perubahan tekanan darah terdapat 32 pasien (45,1%) yang mengalami peningkatan tekanan darah sistolik, 39 pasien (54,9%) dengan penurunan tekanan darah sistolik, 37 pasien (52,1%) dengan peningkatan tekanan darah diastolik dan 34 pasien (47,9%) dengan penurunan tekanan darah diastolik. Dengan menggunakan uji spearman didapatkan korelasi positif dengan kekuatan korelasi sedang antara penambahan berat badan diantara dua waktu HD dengan peningkatan tekanan darah sistolik (p 0,006 r 0,476). Disimpulkan bahwa penambahan berat badan diantara dua waktu hemodialisis dapat mempengaruhi peningkatan tekanan darah sistolik. Kata kunci : hemodialisis (HD), berat badan, tekanan darah, sistolik.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN INDEKS MASSA TUBUH DENGAN TEKANAN DARAH SISTOLIK PADA PASIEN PENYAKIT GINJAL KRONIK YANG MENJALANI HEMODIALISIS DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN (Sitti Maziyyah Aini, 2016)

HUBUNGAN LAMA WAKTU HEMODIALISIS PENDERITA GAGAL GINJAL KRONIK DENGAN STATUS GIZI DI INSTALASI DIALISIS RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Rizkya Ika Fadilla, 2014)

GAMBARAN GINGIVITIS PADA PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK YANG MENJALANI TERAPI HEMODIALISIS (KAJIAN DI INSTALASI HEMODIALISIS RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH) (PUTRI SRI WAHYUNI, 2016)

HUBUNGAN KARAKTERISTIK PASIEN PENYAKIT GINJAL KRONIK YANG MENJALANI HEMODIALISIS DENGAN MEKANISME KOPING DI DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (BEBBY BALQIS, 2017)

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KECEMASAN PASIEN PENYAKIT GINJAL KRONIK YANG MENJALANI TERAPI HEMODIALISIS DI RUMAH SAKIT UMUM DR. ZAINOEL ABIDIN (Raudhatul Jannah, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy