//

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KARTUN FISIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 16 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang yani muriyan sari - Personal Name
SubjectSTUDY METHODS OF
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: Media kartun fisika, Hasil belajar siswa Dewasa ini kita melihat minat dan motivasi siswa dalam belajar ilmu fisika sangatlah rendah. Ilmu fisika dikenal dengan pelajaran yang paling menakutkan. Sehingga hasil belajar yang didapatpun relatif rendah. Pada penelitian ini mengangkaat masalah tentang apakah ada pengaruh media pembelajaran kartun fisika terhadap hasil belajar siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran kartun fisika terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Banda Aceh. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Banda Aceh dengan jumlah seluruh populasi 98 siswa yang terbagi dalam 4 kelas, masing–masing kelas VIII-1 sampai kelas VIII-3, masing-masing kelas sekitar 23–25 siswa. Jumlah populasi tersebut ditetapkan sampel sejumlah 24 orang kelas eksperimen dan 23 orang kelas kontrol. Kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-3 sebagai kelas kontrol. Penentuan sampel dilakukan secara simple random sampling. Metode yang dilakukan adalah quasi eksperimen, yaitu mencari pengaruh perlakuan tertentu dalam kondisi yang terkendali. Pengumpulan data dilakukan dilakukan dengan teknik tes dan pengolahan data menggunakan teknik statistik uji-t. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di SMP Negeri 16 Banda Aceh diperoleh data post test, setelah data terkumpul, lalu data tersebut diolah. Kemudian hasil analisis olah data yang dilakukan menunjukkan bahwa kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki sebaran nilai tes siswa yang berdistribusi normal, dan memiliki varians yang homogen. Jadi penelitian dapat dilanjutkan. Hasil akhir berdasarkan perhitungan menggunakan statistik uji-t diperoleh t_(hitung )>t_(tabel )yaitu 3,51 > 2,42. Maka hipotesis nihil (H_0) ditolak, ini berarti hipotesis alternatif (H_a) diterima. Dengan demikian perlakuan dengan menggunakan media pembelajaran kartun fisika memperoleh nilai hasil belajar siswa yang baik. Berarti ada pengaruh media pembelajaran kartun fisika terhadap hasil belajar siswa. Disarankan penelitian yang berhubungan dengan media pembelajaran kartun fisika dapat dilanjutkan oleh peneliti lain dengan mengklasifikasikan tingkat pemahaman siswa terhadap media pembelajaran kartun fisika

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BAITUSSALAM (Roliza Yulisa, 2015)

PENERAPAN MEDIA KOMIK PADA MATERI GERAK LURUS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII RNSMP NEGERI 6 BANDA ACEH (winda meutia, 2015)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THE EVENT OF INTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR KONSEP TEKANAN PADA SISWA SMP NEGERI 8 BANDA ACEH (Dewi Nurita, 2016)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS DI KELAS X SMA NEGERI 1 MONTASIK (FARTIKA TARWIAH, 2018)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 14 BANDA ACEH (Sri Wahyuni, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy