//

PENGARUH KONSELING TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN PASIEN DIABETES MELLITUS (DM) TIPE 2 DI PUSKESMAS KOPELMA DARUSSALAM BANDA ACEH TAHUN 2015

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RITA SURYA - Personal Name
SubjectDIABETES MELITUS (TYPE 2)-MEDICINE
Bahasa Indonesia
Fakultas Prog. Studi Megister Keperawatan
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

PENGARUH KONSELING TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN PASIEN DIABETES MELLITUS (DM) TIPE 2 DI PUSKESMAS KOPELMA DARUSSALAM BANDA ACEH Oleh: Rita Surya NIM: 13092001180017 KomisiPembimbing: Dr. dr. Arti Lukitasari, Sp. M Dr. Said Usman. M.Kes ABSTRAK Diabetes mellitus merupakan penyebab utama kematian dan kecacatan di dunia. Diabetes mellitus membutuhkan penanganan yang baik sehingga mencegah komplikasi pada berbagai organ tubuh. Konseling pada pasien DM tipe 2 sangat dibutuhkan sebagai media perantara yang dapat mewujudkan kesehatan optimal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh konseling terhadap peningkatan pengetahuan pasien Diabetes Mellitus (DM) tipe 2 di Puskesmas Kopelma Darussalam Banda Aceh tahun 2015. Penelitian ini merupakan studi kuantitatif dengan desain Pre-Experimental berupa Pretest-Posttest Design. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dengan menggunakan rumus Slovin berjumlah 60 orang DM tipe II yang berada di wilayah kerja Puskesmas Kopelma Darussalam Banda Aceh dimana untuk masing-masing grup terdiri dari 30 responden . Untuk grup intervensi diberikan preetest-perlakuan-posstest, sedangkan pada grup kontrol tidak diberikan perlakuan namun hanya preetest dan posstest saja. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh konseling terhadap peningkatan pengetahuan pasien Diabetes Mellitus tipe 2 (p Value 0,000 < 0,05) setelah dilakukan intervensi dengan program kontrol di Puskesmas Kopelma Darussalam Banda Aceh, lebih spesifik didapatkan konseling pada pengetahuan pola makan berpeluang 5,59% untuk berhasil meningkatkan pengetahuan. Disarankan untuk melakukan penelitian lanjutan guna mengetahui durasi konseling yang paling efektif untuk peningkatan pengetahuan pasien Diabetas Mellitus tipe 2. Kata kunci : Konseling, pengetahuan, diabetes melititus tipe 2.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN PH SALIVA PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 TERKONTROL DAN TIDAK TERKONTROL (STUDI PADA RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH) (NELFIA YUNANDA, 2017)

HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DOKTER-PASIEN DENGAN KEPATUHAN MENJALANI PENGOBATAN PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 (Puti Andini Pradipta, 2016)

PROFIL RETINOPATI DIABETIK PADA PASIEN DIABETES MELITUS DI POLIKLINIK ENDOKRIN RSUD ZAINAL ABIDIN BANDA ACEH (Uzi Mardha Phoenna, 2014)

HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG LATIHAN FISIK DENGAN MOTIVASI MELAKUKAN LATIHAN FISIK PADA PASIEN DIABETES MELLITUS TIPE II DI POLIKLINIK ENDOKRIN BLUD RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2012 (zuhri ramadhan, 2015)

GAMBARAN KOLONI SPESIES CANDIDA ORAL PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 DI RSUDZA BANDA ACEH (SALVINIA, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy