//

BENTUK PENYAJIAN TARI KREASI RATOEH JAROE DI SANGGAR BUDAYA ACEH NUSANTARA (BUANA) BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Riska Gebrina - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: bentuk penyajian, tari, Ratoeh Jaroe. Penelitian yang berjudul “Bentuk Penyajian Tari Ratoeh Jaroe di Sanggar Budaya Aceh Nusantara (BUANA) Banda Aceh” ini mengangkat masalah bagaimanakah bentuk penyajian tari Ratoeh Jaroe. Penelitian ini bertujuan mendeskrisikan bentuk penyajian tari Ratoeh Jaroe. Sumber data dan lokasi dalam penelitian ini adalah ketua sanggar Budaya Aceh Nusantara (BUANA), koreografer atau penata tari Ratoeh Jaroe, penari tari Ratoeh Jaroe dan penata Musik tari Ratoeh Jaroe. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data digunakan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu mereduksi data, display dan verifikasi. Hasil penelitian mengungkapkan tari Ratoeh Jaroe pada sanggar Budaya Aceh Nusantara (BUANA) diciptakan oleh Khairul Anwar pada tahun 2008 serta judul tarian ini diciptakan oleh Khairul Anwar pada tahun 2011. Tari Ratoeh Jaroe di tarikan oleh 11 penari wanita, dan fungsi tari Ratoeh Jaroe sebagai salah satu media dakwah yang mencerminkan kependidikan, keagamaan, sopan santun, kepahlawanan, kekompakkan dan kebersamaan yang diperlihatkan melalui gerakan jari tangan penari. Tari Ratoeh Jaroe memiliki tiga puluh tiga gerakan dan lima kali pengulangan gerak. Diiringi dengan alat musik tradisional Aceh seperti seurune kale, rapai, geundrang dan darabbuka. Tata rias yang digunakan pada tarian ini adalah rias cantik, serta tata busana yang disesuaikan dengan konsep tari Ratoeh Jaroe. Tari ini dipentaskan pada pentas proscenium dan bisa dipentaskan juga pada lapangan terbuka, pada pentas inilah tari Ratoeh Jaroe akan disajikan dengan maksud agar penonton menangkap maksud karya yang ditampilkan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS STRUKTUR TARI KREASI RATOEH JAROE DI BANDA ACEH (ALMUNADIA, 2020)

KAJIAN KOREOGRAFI TARI BURQA AL-ZAFN DI SANGGAR BUDAYA ACEH NUSANTARA (BUANA) BANDA ACEH DI SANGGAR BUDAYA ACEH NUSANTARA (BUANA) BANDA ACEH (Rika Agustina, 2015)

TARI KREASI PANYOET RATOEH MEUTALO DI SANGGAR BILAPASIE KECAMATAN INGIN JAYA ACEH BESAR (Cut Hidayani, 2017)

BENTUK PENYAJIAN TARI KREASI KIPAH SIKARANG DI SANGGAR CUT MEUTIA KOTA LHOKSEUMAWE (Rizka Febriana, 2014)

PENYAJIAN TARI KREASI TURUN KU AIH AUNEN PADA SANGGAR KERENEM PIRAK KABUPATEN GAYO LUES (Ardi Pradita, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy