//

ANALISIS PERTUMBUHAN STREPTOCOCCUS MUTANS DAN LACTOBACILLUS DALAM MINUMAN PROBIOTIK BERDASARKAN PH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Zainida Qadri - Personal Name
SubjectSTREPTOCOCCAL INFECTIONS - INCIDENCE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran Gigi
Tahun Terbit 2010

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nama : Zainida Qadri Program Studi : Kedokteran Gigi Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala Judul : Analisis Pertumbuhan Streptococcus mutans dan Lactobacillus dalam Minuman Probiotik Berdasarkan pH Probiotik adalah sel mikrobia hidup atau komponen sel mikrobia yang mempunyai efek menguntungkan bagi kesehatan tubuh. Bakteri yang sering digunakan dalam minuman probiotik salah satunya adalah Lactobacillus. Lactobacillus memiliki kemampuan mentoleransi lingkungan asam (aciduric) sehingga diyakini memicu pertumbuhan bakteri aciduric lainnya seperti S. mutans. Berdasarkan studi yang telah dilakukan mengenai etiologi karies, bakteri S. mutans dan Lactobacillus memegang peranan penting dalam menimbulkan penyakit karies. Salah satu faktor yang mempengaruhi pertumbuhan bakteri adalah pH. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan jumlah pertumbuhan S. mutans dan Lactobacillus dalam minuman probiotik pada pH 3, 4, 5 dan 6. Penelitian ini dilakukan secara in vitro dengan sampel yang digunakan adalah Lactobacillus yang terdapat di dalam minuman probiotik dan strain S. mutans yang telah dibiakkan di laboratorium. S. mutans dibiakkan dalam media padat TYS20B dan media cair TSB. Selanjutnya dipindahkan kedalam minuman probiotik yang telah diatur pHnya (2,3,4,5,6) untuk melihat interaksi kedua bakteri tersebut. Bakteri yang akan diidentifikasi dikultur pada media padat agar darah. Uji identifikasi dilakukan dengan uji pewarnaan dan kemudian dihitung jumlah koloni untuk melihat perbedaan jumlah pertumbuhan antara kedua bakteri tersebut. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan jumlah pertumbuhan S. mutans dan Lactobacillus pada pH (3, 4, 5, dan 6), namun selisih perbedaannya tidak berbeda bermakna (P>0,05). Kata Kunci: Streptococcus mutans, Lactobacillus, minuman probiotik, karies gigi

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

AKTIVITAS PEMBENTUKAN BIOFILM STREPTOCOCCUS MUTANS DAN CANDIDA ALBICANS SETELAH DIPAPAR DENGAN CIGARETTE SMOKE CONDENSATE DAN MINUMAN PROBIOTIK (Fina Maghfirah, 2017)

GAMBARAN EFEKTIFITAS ANTIBIOTIK (AMOXICILLIN/ CLAVULANIC ACID, AMOXICILLIN, CLINDAMYCIN, CIPROFLOXACIN) TERHADAP STREPTOCOCCUS MUTANS (PUJI HARIARTI, 2016)

PENGARUH EKSTRAK LADA HITAM (PIPER NIGRUM L.) TERHADAP PERTUMBUHAN STREPTOCOCCUS MUTANS DALAM BERBAGAI KONSENTRASI PENGARUH EKSTRAK LADA HITAM (PIPER NIGRUM L.) TERHADAP PERTUMBUHAN STREPTOCOCCUS MUTANS DALAM BERBAGAI KONSENTRASI (FADLI ALWI, 2017)

PENGARUH EKSTRAK DAUN KEMANGI (OCIMUM BASILICUM) TERHADAP DAYA HAMBAT PERTUMBUHAN STREPTOCOCCUS MUTANS (Deny Haris, 2014)

ANALISIS PERBANDINGAN PERTUMBUHAN STREPTOCOCCUS MUTANS (ATCC RN31987) DENGAN ISOLAT DARAH BERDASARKAN PENDEKATAN SUHU DAN PHRN(KAJIAN PADA KASUS INFEKSI ENDOKARDIUM DAN SEREBRUM). (Risky Muliani, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy