//

STRUKTUR KOMUNITAS MAKROZOOBENTOS DAN LUASAN TUTUPAN LAMUNDI KAWASAN UJONG PANCU KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fauca Khairul Ramadhan - Personal Name

Abstrak/Catatan

Lamun (seagrass) merupakan satu-satunya tumbuhan berbunga (Angiospermae) yang memiliki rhizoma, daun dan akar sejati yang hidup terendam di dalam laut. Makrozoobentos bentik merupakan hewan yang sebagian atau seluruh siklus hidupnya berada di permukaan sedimen, baik yang sesil, atau pun yang bergerak lambat. Sebagian makrozoobentos hidup dan berasosiasi pada padang lamun. Kabupaten Aceh Besar adalah salah satu kawasan yang memiliki ekosistem lamun di beberapa daerah pesisirnya, salah satunya perairan Ujong Pancu. Penelitian dilakukan di Perairan Ujong Pancu Kabupaten Aceh Besar pada bulan September-Oktober 2014. Lokasi penelitian dilakukan pada 3 stasiun. Pengamatan dilakukan di sekitar bibir pantai Ujong Pancu. Penentuan lokasi pengambilan sampel dilakukan dengan metode Purposive sampling pada 3 stasiun lokasi pengambilan data dengan menggunakan petak contoh (plot). Tutupan lamun tertinggi spesies Syringodium isoetifolium pada lokasi penelitian mencapai 95%. Terdapat 971 individu makrozoobentos yang terdiri 16 spesies dan 6 Kelas. Komposisi makrozoobentos yang jumlahnya paling banyak ditemukan yaitu kelas Gastropoda. Kelimpahan makroozobentos antara 0.2 individu/m2 – 74 individu/m2. Keanekaragaman makrozoobentos berkisar antara 1,575 – 2,254 termasuk dalam kategori sedang. Keseragaman makrozoobentos berkisarantara 0,474 – 0,629 termasuk dalam kategori tinggi. Kata kunci: Lamun, Makrozoobentos, Ujong Pancu, Aceh Besar.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STRUKTUR KOMUNITAS MAKROZOOBENTOS DI ESTUARI PANGKALAN PENDARATAN IKAN (PPI) LAMBADA LHOK, ACEH BESAR (Ana Safitri, 2019)

KEPADATAN DAN POLA PENYEBARAN LINGULA SP. DI PANTAI UJONG PANCU KECAMATAN PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR DAN PANTAI SYIAH KUALA KECAMATAN SYIAH KUALA KOTA BANDA ACEH (AYU NURHALIZA, 2019)

STRUKTUR KOMUNITAS MAKROZOOBENTHOSRNYANG BERASOSIASI DENGAN EKOSISTEM MANGROVE RNDI PERAIRAN KUALA LANGSA RNKOTA LANGSA (MUHADHIR, 2015)

STRUKTUR KOMUNITAS MAKROZOOBENTOS PADA EKOSISTEM MANGROVE REHABILITASI KECAMATAN SIMEULUE TIMUR DAN NON REHABILITASI KECAMATAN TEUPAH SELATAN KABUPATEN SIMEULUE (Lelis Malita, 2015)

STRUKTUR KOMUNITAS MAKROZOOBENTOS DI PADANG LAMUN PULO ACEH, KECAMATAN PULO ACEH, KABUPATEN ACEH BESAR (Wahyu Syahputra, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy