//

ANALISA VARIASI SPEKTRUM WARNA MATAHARI TERHADAP IKLIM PADA PERISTIWA MATAHARI TERBENAM

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang JUNITA RISMA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Matahari merupakan sumber energi yang sangat penting dalam kehidupan di permukaan bumi, selain untuk menerangi bumi matahari juga berfungsi untuk mengendalikan iklim. Spektrum warna matahari memiliki spektrum yang berbeda-beda setiap harinya, tidak hanya perbedaan spektrum warna saja waktu terbit dan terbenamnya matahari juga terdapat perbedaan. Jadi perlu dilakukan penelitian analisa variasi spektrum warna matahari terhadap iklim pada peristiwa matahari terbenam, untuk mengetahui penyebab perubahan warna. Untuk mengetahui penyebabnya, dilakukan penelitian di Jembatan Lamnyong Banda Aceh. Dengan pengambilan gambar pada hari-hari tertentu selama 3 bulan pada tahun 2014. Adapun penyebab terbesar dari perbedaan spektrum warna matahari tersebut, disebabkan oleh partikulat atau partikel kecil yang ada di atmosfer seperti : hamburan sinar matahari, partikel debu, aerosol padat dan cair yang terdapat di atmosfer bumi. Efek yang ditimbulkan dilangit apabila banyaknya debu, akan berwarna merah. Jika banyaknya uap air, langit menghamburkan warna kekuningan, dan efek yang ditimbulkan oleh asap, langit berwarna lebih gelap dan pudar. Hal ini merupakan faktor penting penyebab terjadinya perubahan spektrum warna langit. Kata kunci : spektrum warna matahari terbenam, Efek partikulat

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERANCANGAN ALAT UKUR INTENSITAS CAHAYA MATAHARI (hasrati, 2016)

PEMILIHAN MODEL YANG TEPAT UNTUK MEMPERKIRAKAN INTENSITAS RADIASI GLOBAL MATAHARI PADA PERMUKAAN HORIZONTAL BERDASARKAN LAMA PENYINARAN MATAHARI (Syarief Hidayatullah, 2016)

KAJIAN WARNA DAN TEKSTUR ASAM SUNTI BERDASARKAN LAMA PENGERINGAN (M FAJAR, 2020)

ANALISA POTENSI ENERGI SURYA UNTUK ENERGI LISTRIK BANDA ACEH DAN SEKITARNYA (Bayu Alif Satari, 2017)

ANALISIS POTENSI RADIASI MATAHARI UNTUK MEMBANGKIT TENAGA LISTRIK PADA SOLAR CELL SEBAGAI SUMBER PENGGERAK POMPA AIR IRIGASI (NUR AZKIA, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy