//

PENDEKATAN SCIENTIFIC DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM RANGKA MENINGKATKAN PENGETAHUAN PENGURANGAN RISIKO BENCANA GEMPA BUMI (STUDI KASUS DI KELAS X IPS B SMA NEGERI 1 BIREUEN)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RAHMI - Personal Name
SubjectDISASTER - SOCIAL EFFECTS - EDUCATION
Bahasa Indonesia
Fakultas Prog. Studi Megister Ilmu Kebencanaan
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian yang berjudul pendekatan scientific dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam rangka meningkatkan pengetahuan pengurangan risiko bencana bencana gempa di kelas X IPS-B SMA Negeri 1 Bireuen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis penggunaan pendekatan scientifik dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam rangka meningkatkan pengetahuan pengurangan risiko bencana gempa bumi di kelas X IPS B SMA Negeri 1 Bireuen. Dalam penelitian ini, yang menjadi subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas X IPS B SMA Negeri 1 Bireuen tahun pelajaran 2014/2015 sebanyak satu kelas dengan jumlah siswa 29 orang siswa. Metode pengumpulan data menggunakan pre tes, tes akhir siklus, dan format observasi siswa. Data yang dikumpulkan meliputi data aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan (1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tiep STAD pada materi gempa bumi di kelas X IPS B SMA Negeri 1 Bireuen dapat meningkatkan hasil belajar siswa, pada siklus pertama ketuntasan belajar siswa sebesar 44,8% meningkat menjadi 93,1% pada siklus kedua, dengan persentase peningkatan sebesar 48,3%, (2) Aktivitas siswa pada siklus pertama sebesar 75% dan mengalami peningkatan sebesar 18,75% menjadi 93,75% pada siklus kedua dan tergolong dalam kategori sangat baik. Dengan demikian melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan keaktifan siswa di dalam proses pembelajaran. Kata kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Gempa Bumi.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD MELALUI PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA MATERIPERSAMAAN GARIS LURUS DI KELAS VIII SMPN 18 BANDA ACEH (Irna Handri Mastuti, 2016)

PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIVEMENT DIVISION) PADA MATERI PECAHAN DI KELAS V SD NEGERI 1 JEUMPET (Lusia Fitriana, 2014)

PENGEMBANGAN DAN PENERAPAN MEDIA MONOPOLY BERVISI SETS PADA BIDANG STUDI GEOGRAFI MATERI MITIGASI DAN ADAPTASI BENCANA SEBAGAI INOVASI DALAM PENDIDIKAN KEBENCANAAN (Andika Triwidada, 2018)

PENGARUH METODE SIMULASI PENGURANGAN RISIKO BENCANA TERHADAP KESIAPSIAGAAN SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MENGHADAPI ANCAMAN BENCANA GEMPA BUMI DI SD ULEE PAYA PULO BREUH RNACEH BESAR (POCUT ZAIRIANA FINZIA, 2015)

PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI SEGI EMPAT DI KELAS VRNSD NEGERI 2 PEUKAN BADA (MAILA PUSPITA SARI, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy