//

IDENTIFIKASI KERENTANAN LINGKUNGAN DAN KERENTANAN EKONOMI WILAYAH DARI RISIKO BENCANA BANJIR ROB DI KECAMATAN BAITUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Asrul - Personal Name

Abstrak/Catatan

Tesis ini membahas tentang identifikasi kerentanan lingkungan dan kerentanan ekonomi wilayah dari risiko bencana banjir rob di Kecamatan Baitussalam Aceh Besar, terutama pada gampong-gampong yang berhadapan langsung dengan laut. Banjir rob yang terjadi mempengaruhi lingkungan dan perekonomian masyarakat, dimana lahan-lahan produktif masyarakat ikut tergenang. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui tingkat kerentanan lingkungan dan kerentanan ekonomi masyarakat pesisir Kecamatan Baitussalam akibat risiko ancaman banjir rob. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik interview serta kuesioner untuk mendapatkan data melalui perspektif dengan strategi-strategi yang bersifat interaktif dan fleksibel. Sumber data dalam penelitian ini terdiri atas data primer (field research) dan data sekunder (library research). Hasil analisis data menunjukkan bahwa tingkat kerentanan lingkungan di Kecamatan Baitussalam termasuk dalam kelas rendah dengan nilai 0,29, sedangkan untuk tingkat kerentanan ekonomi di Kecamatan Baitussalam termasuk dalam kelas sedang dengan nilai 0,52. Untuk mengurangi tingkat kerentanan ekonomi dibutuhkan langkah-langkah dan strategi-strategi yang efektif dalam pemanfaatan lahan baik secara struktural maupun nonstruktural. Kata kunci : Banjir Rob, Kerentanan, Risiko, Lingkungan dan ekonomi wilayah.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS TINGKAT KERENTANAN DAN KAPASITAS MASYARAKAT TERHADAP BENCANA BANJIR BANDANG KECAMATAN CELALA KABUPATEN ACEH TENGAH (Wahyuni, 2016)

PEMETAAN RISIKO BANJIR BANDANG DI KECAMATAN LAWE SIGALA-GALA KABUPATEN ACEH TENGGARA (SUCI ANANDA, 2019)

PENGARUH PENGETAHUAN RISIKO BENCANA TERHADAP SIKAP KESIAPSIAGAAN BENCANA MASYARAKAT DESA LAMBARO SEUBUN KECAMATAN LHOKNGA KABUPATEN ACEH BESAR (NAZRAN NAILUFAR, 2015)

PENZONASIAN DAERAH RENTAN BANJIR DI KABUPATEN ACEH SINGKIL BERBASIS APLIKASI SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) DENGAN MENGGUNAKAN METODE WEIGHTED SUM OVERLAY (Oktri Sri Wahyuni, 2021)

UPAYA MASYARAKAT DALAM MENGURANGI RISIKO BENCANA BANJIR DI GAMPONG BUGA KECAMATAN SEULIMEUM ACEH BESAR (Novita Sari, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy