//

HUBUNGAN PELAKSANAAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT PELAKSANA DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP KELAS III RUMAH SAKIT UMUM DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rita Zahara - Personal Name
SubjectPATIEN
NURSING
THERAPEUTICS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keperawatan
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS KEPERAWATAN SKRIPSI 29 Juli 2015 Xiii Halaman + VI Bab + 54 Halaman + 8 Tabel + 1 Skema +13 Lampiran RITA ZAHARA 1307101020178 HUBUNGAN PELAKSANAAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT PELAKSANA DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP KELAS III RUMAH SAKIT UMUM dr. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH ABSTRAK Rumah sakit dinyatakan berhasil, tidak hanya pada kelengkapan fasilitas yang unggul, melainkan sikap dan pelayanan oleh sumber daya manusia merupakan elemen yang berpengaruh signifikan terhadap pelayanan yang dihasilkan dan dipersepsikan pasien. Kelemahan dalam berkomunikasi merupakan masalah yang bagi perawat maupun pasien. Perawat yang malas berkomunikasi dan menunjukkan wajah yang tegang dan ekspresi wajah yang marah dan jarang senyum akan berdampak tidak baik bagi pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pelaksanaan komunikasi terepautik perawat pelaksana dengan kepuasan pasien di Ruang Rawat Inap Kelas III Rumah Sakit Umum dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah korelasi dengan desain crossectional study, dengan jumlah 78 orang. Tehnik pengambilan sampel adalah random sampling. Alat pengumpulan data menggunakan daftar pernyataan yang berbentuk angket dalam bentuk multiple choice dan dichotomous. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara kepuasan pasien (p value= 0,003), ada hubungan antara empati perawat (p value=0,002) dan ada hubungan antara kehangatan (p value=0,004), serta ada hubungan antara perawat pelaksana dengan kepuasan pasien dengan hasil uji statistik (p value=0,003) dengan komunikasi terapeutik, namun tidak ada hubungan antara keikhlasan perawat (p value=0,112) dengan komunikasi terapeutik di Ruang Rawat Inap Kelas III Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Berdasarkan hal tersebut diharapkan perawat pelaksana di Ruang Rawat Inap Kelas III Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh merupakan komunikasi dalam memberikan pelayanan kepada pasien. Kata Kunci : keikhlasan, empati, kehangatan, kepuasan pasien, komunikasi terapeutik Daftar Bacaan : 13 buku + 5 jurnal + 2 sumber online (2003-2013) UNIVERSITY OF SYIAH KUALA THE NURSING FACULTY Skripsi Xiii Halaman + VI Bab + 47 page + 4 Table + 1 Scheme +13 attachment MURSYIDAH 1307101020174 “PICTURE OF KNOWLEDGE AND SKILLS IMPLEMENTING NURSE IN DOING COLOSTOMY CARE AT REGIONAL GENERAL HOSPITAL DR . ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH 2015” ABSTRACT Colostomy is operative action of making the hole from the colon into the abdominal surface. knowledge and skills of nurses in colostomy care needs to be increased again, this can be seen from the way nurses provide care, in addition to the skills in caring for patients with a colostomy is also very necessary. This study aims to reveal the Knowledge and Skills of Nurses Implementing In Doing Colostomy Care at Regional General Hospital dr. Zainoel Abidin Banda Aceh Year 2015 Type of research is descriptive exploratory, in 56 samples, with a total sampling techniques, data collection tools using a list of statements in the form of a questionnaire. The result is that the knowledge of nurses in performing a colostomy care the majority are in the good category as many as 30 people (53.6%), while the skills of nurses in the treatment of colostomy majority are at less category as much as 34 people (60.7%). Based on the expected nurses in the room JEUMPA 2, 3 and 4 can improve their skills and knowledge in providing services, especially for patients with a colostomy. Keywords : Knowledge, Skills, Colostomy Reading list : 12 books, 6 journals, 4 Internet ( 2003-2013 )

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PELAKSANAAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT PELAKSANA DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP KELAS III RUMAH SAKIT UMUM DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Rita Zahara, 2015)

HUBUNGAN MOTIVASI PERAWAT DENGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT PELAKSANA DI RUANG RAWAT INAP RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2012 (Syukri, 2014)

HUBUNGAN PENGETAHUAN PERAWAT DENGAN UPAYA PENERAPAN PATIENT SAFETY DI RUANG RAWAT INAP KELAS III RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDINBANDA ACEH TAHUN 2014 (Fittri Yanti, 2014)

PERBEDAAN TINGKAT KEPUASAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2018 (CUT FASYA ZALISKA, 2019)

KEMENTRIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS KEPERAWATAN (Sri Wahyuni, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy