//

ANALISIS PENDAPATAN DAN PRODUKTIVITAS SELEDRI (APIUM GRAVEOLENS L) PADA USAHATANI DI DESA CUCUM KECAMATAN KUTA BARO KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad Munawir - Personal Name

Abstrak/Catatan

Muhammad Munawir. Analisis Pendapatan dan Produktivitas Seledri (Apium Graveolens L) Pada Usahatani di Desa Cucum Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar. Dibawah Bimbingan Elvira Iskandar, SP, M.Sc. Seledri (Apium Graveolens L) termasuk dalam keluarga Umbelliferae, tanaman yang sering di jadikan herba atau tanaman berkhasiat obat. Daun seledri di konsumsi sebagai lalapan dan penghias hidangan. Bijinya dijadikan bahan penyedap dan ekstrak minyak seledri dimanfaatkan sebagai obat. Karena banyak manfaat yang didapatkan, maka budidaya seledri memiliki harga jual yang tinggi dan tidak banyak para petani yang membudidayakan tanaman ini karena pemeliharaannya sangat sulit. Kecamatan Kuta Baro merupakan salah satu sentra produksi sayur –sayuran yang ada di Aceh Besar. Masyarakat Kuta Baro Khususnya Desa Cucum mayoritas berusaha sebagai petani sayuran, salah satunya adalah tanaman seledri. Budidaya tanaman ini dilakukan pada usahatani seledri di Desa Cucum yang merupakan usahatani yang sudah lama di jalankan oleh para petani di Desa tersebut. Metode yang dilakukan pada tugas akhir ini adalah metode survey, dengan 2 jenis data, yaitu data primer dan sekunder. Data primer dalam kegiatan ini dilakukan melalui wawancara secara langsung dengan petani seledri Desa Cucum. Sedangkan data sekunder diperoleh melalui studi keperpustakaan dan sumber –sumber literatur lainnya. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai penerimaan sebesar Rp 5.544.000,-. Dengan jumlah pengeluaran Rp 1.781.244,-. Maka diperoleh pendapatan sebesar Rp. 3.762.756,-. Produktivitas usahatani seledri meliputi produktivitas tenaga kerja sebesar 11,79 Kg/HOK. Sedangkan rata –rata jumlah produksi dan produktivitas lahan yaitu sebesar 4,86 Kg/m2.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH ZAKAT PRODUKTIF TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN USAHATANI SAYURAN SELEDRIPETANI MISKIN DI KECAMATAN KUTA BARO KABUPATEN ACEH BESAR (Armia M. Yasin, 2016)

PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK SELEDRI (APIUM GRAVEOLENS L.) TERHADAP PENURUNAN KADAR GULA DARAH TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS) JANTAN YANG DIINDUKSI STRES LISTRIK (Fara Meutia, 2015)

EFEK ANTIBAKTERI EKSTRAK SELEDRI (APIUM GRAVEOLENS) TERHADAP PERTUMBUHAN ENTEROCOCCUS FAECALIS (Wira Stary Rukmana, 2014)

PENGARUH PEMBERIAN LIMBAH CAIR TAHU DAN PEMBERIAN AIR KELAPA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KADAR FLAVONOID PADA SELEDRI (APIUM GRAVEOLENS L.) (CUT PUTRI AMALYA, 2017)

ANALISIS PEMASARAN DAN PENDAPATAN TANAMAN SAWI DI DESA CUCUM KECAMATAN KUTA BARO KABUPATEN ACEH BESAR (Lerisa Amanatillah Yucitra, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy